Yuk, Ikuti Pelatihan Ekspor (PPEI) yang Diadakan oleh Kemendag

Tentang PPEI

PPEI adalah sebuah program yang menyediakan produk jasa pelatihan dan konsultasi ekspor – impor yang ditingkatkan mutunya secara dinamis agar senantiasa memenuhi persyaratan peraturan pemerintah dan pelayanan kepada pelanggan, serta perbaikan berkesinambungan dari efektivitas sistem manajemen mutu (sumber : http://ppei.kemendag.go.id/).

Visi Program PPEI ini adalah : menjadi lembaga diklat ekspor yang terbaik di kawasan asia pasifik. guna mencapai visi tersebut, maka PPEI menerapkan misi untuk menciptakan eksportir baru yang handal dan meningkatkan kapasitas ukm dalam menembus pasar ekspor.

Apa Saja Fasilitas Pelatihan yang Disediakan oleh Program Pelatihan Ekspor Kemendag PPEI ini?

1.    Ada fasilitas Resource Center yang berupa perpustakaan yang menyediakan berbagai informasi  bagi dunia usaha,  peserta pelatihan serta masyarakat umum dengan menggunakan otomasi sistem pelayanan yang terakses  melalui internet.

2.    Adanya jaringan komputer yang terhubung satu sama lain dengan sistem LAN.

3.    Adanya Simulation Center untuk ekspor impor yang dapat mempermudah peserta latihan untuk mengembangkan keterampilan dan pengetahuan mereka seputar ekspor-impor.

4.    Adanya ruang kelas dengan dukungan audio video lengkap.

5.    Tersedia auditorium yang mampu menampung 200 orang.

6.    Tersedia ruang pameran.

7.    Adanya asrama yang disediakan oleh PPEI untuk memberikan alternatif penginapan khusus bagi para peserta pelatihan yang membutuhkan tempat menginap. Ada berbagai varian yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan. Pertama ada asrama dengan tarif Rp. 50.000/malam/bed/pintu (1 Ruangan ada 4 pintu/bed), Rp. 75.000/malam/bed (1 ruangan ada 3 bed), Rp. 75.000/malam/bed (1 ruangan ada 3 bed, dan Rp. 200.000/malam (1 ruangan ada 2 bed).

8.    Ada kafetaria atau ruang makan untuk para peserta pelatihan.

9.    Area parkirnya luas sehingga bisa menampung banyak kendaraan para peserta pelatihan.

Kegiatan Apa Saja yang Diselenggarakan oleh Pelatihan Ekspor Kemendag PPEI?

1.    Ada kegiatan pendidikan Profesi Manajemen Ekspor Impor : tujuan pendidikan ini adalah untuk menghasilkan para eksportir yang handal dan tangguh serta berwawasan luas. Pokok pembahasan di program pendidikan ini adalah : Pemasaran Ekspor, Pengelolaan Ekspor Impor, Pembiayaan dan Pembayaran Ekspor Impor, Transportasi Ekspor Impor, Prosedur Ekspor Impor, Simulasi Ekspor Impor dan Kunjungan Lapangan.

2.    Kegiatan pelatihan : program ini dilaksanakan dalam durasi 1 hingga 7 hari. Dengan mengikuti program pelatihan PPEI ini maka Anda akan mendapatkan pengetahuan praktis dan keterampilan. Harapan kedepannya hal ini dapat membantu dunia usaha dalam menemukan gagasan-gagasan baru dalam rangka inovasi dan kemajuan perusahaan di bidang ekspor dan impor.

Ada 7 bidang dalam program ini, bidang tersebut antara lain adalah : Perdagangan Internasional, Pengembangan Produk, Pembiayaan dan Pembayaran Ekspor, Pemilihan Distributor, Promosi/Komunikasi Ekspor, Strategi Pemasaran Ekspor dan bidang Manajemen Mutu dan Persaingan.

3.          Konsultasi : ada 2 kegiatan konsultasi yang diadakan. Pertama ada konsultasi bidang produksi dan yang kedua adalah konsultasi dalam bidang pemasaran.

4.       Kegiatan Export Coaching Program : merupakan salah satu program Pelatihan Ekspor Kemendag yang berfokus pada kegiatan pembinaan UKM selama satu tahun. Kegiatan ini khusus diadakan untuk para alumni pelatihan PPEI. Kegiatan  ini telah berlangsung sejak tahun 2010 dan program pendampingan ini berlangsung dalam 8 tahap.

Kesimpulan

Program Pelatihan Ekspor Kemendag (PPEI) ini sangat direkomendasikan untuk  Anda yang memiliki usaha dalam bidang ekspor dan masih bingung dengan sistemnya. Dengan program pendidikan serta pelatihan yang diberikan, maka kedepannya Anda bisa semakin mengmbangkan bsinsis ekspor Anda dengan pengetahuan dan keterampilan yang telah Anda peroleh selama mengikuti program ini.

Tertarik mendaftar? Ini link akses pendaftarannya : http://ppei.kemendag.go.id/app/register.php

Anda juga bisa mengunjungi website resmi Program Pelatihan Ekspor Kemendag (PPEI) di : http://ppei.kemendag.go.id/

Comments

mood_bad
  • No comments yet.
  • Add a comment