Tips Mengembangkan Media Sosial Dalam Dunia Bisnis

Saat ini, penerapan penggunaan perangkat teknologi seperti tablet, komputer, ataupun smartphone telah mengalami peningkatan yang tinggi. Hal ini juga berbanding lurus dengan kebutuhan akan internet. Tidak lepas juga akan kebutuhan media sosial. Media sosial adalah media untuk bersosialisasi satu sama lain dan dilakukan secara online yang memungkinkan manusia untuk berinteraksi tanpa dibatasi ruang dan waktu.

Media sosial saat ini tidak hanya menjadi sarana komunikasi jarak jauh saja, tapi juga sebagai salah satu hal yang sangat berpengaruh dalam dunia bisnis, baik itu dalam segi digital marketing ataupun penyebarluasan informasi. Hingga saat ini, ada beberapa media sosial yang mendukung untuk menjalankan marketing. Beberapa contoh media sosial yang mendukung bisnis diantaranya Youtube, Facebook,  Instagram, Twitter, Snapchat, LINE, dan Pinterest. Dari beberapa media sosial tersebut mungkin sudah tidak asing lagi bagi Anda untuk memanfaatkan media sosial tersebut pada bisnis yang sedang Anda geluti. Lantas, bagaimana tips mengembangkan media sosial dalam dunia bisnis? Simak penjelasan lengkapnya dibawah ini.

Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat diterapkan dalam mengembangkan media sosial dalam dunia bisnis :

1. Mengidentifikasi Permintaan Pasar

Strategi pemasaran yang tepat dapat dicapai jika Anda mampu untuk memahami mengenai apa yang dibutuhkan oleh pasar dan target konsumen. Saat Anda mempunyai ide untuk mengembangkan bisnis, maka Anda tidak hanya memikirkan keuntungan saja. Tapi yang paling penting adalah bagaimana produk dari bisnis tersebut dapat berguna dan dibutuhkan oleh orang lain. Khususnya untuk target konsumen. Jadi, jangan lupa untuk selalu memperhatikan dengan betul permintaan pasar ya!

2. Good Design Matters

Design menjadi hal yang sangat penting dalam mengembangkan media sosial. Baik itu untuk keperluan konten Instagram, tiktok, ataupun media sosial lainnya. Dalam hal ini, kita harus bisa untuk membuat desain yang menarik, navigasi yang mudah, dan penyajian fitur yang tepat. Hal ini sangat penting untuk diperhatikan, karena dengan good design matters akan menarik perhatian lebih banyak dari target konsumen dan bukan tidak mungkin juga menjadikan media sosial bisnis Anda berkembang lebih pesat.

3. Menyampaikan Informasi yang Jelas dan Tepat

Pastikan informasi yang disampaikan pada media sosial bisnis Anda jelas dan tepat. Perhatikan perencanaan pembuatan postingan baik itu berupa feed ataupun konten video. Gunakan pemilihan kata yang mudah dipahami, menarik, dan bisa meningkatkan branding terhadap produk bisnis Anda.

4. Media Sosial yang Terintegrasi

Integrasikan akun media sosial bisnis Anda, hubungkan dengan berbagai akun media sosial perusahaan yang lain. Contohnya yaitu memberikan informasi akun tiktok, whatsapp, pada bio Instagram. Hal ini dapat mempermudah target konsumen untuk mencari informasi lebih banyak tentang produk bisnis Anda.

5. Gunakan Call To Action (CTA) pada Media Sosial

Seperti konten dalam situs ataupun blog, CTA atau Call To Action ini sangat direkomendasikan untuk dapat diterapkan pada konten-konten media sosial. CTA merupakan sebuah ajakan untuk melakukan suatu tindakan. Saat Anda menggunakan CTA, maka secara tidak langsung Anda sedang memberitahu target konsumen untuk mengikuti langkah selanjutnya setelah melihat konten dari media sosial Anda. Contohnya ketika calon customer mengunjungi situs e-commerce, maka kita bisa menggunakan kalimat seperti “klik di sini untuk informasi lebih lanjut”.

Selain itu CTA juga bisa berupa kalimat ajakan, seperti “download sekarang juga”“klik untuk mulai”“mulai sekarang”“klik untuk berlangganan”, dan lain-lain.

6. Membuat Timeline Konten

Anda perlu melakukan pengelolaan manajemen waktu yang baik dalam upload konten pada media sosial. Upload konten secara teratur lebih baik dibandingkan upload konten yang banyak dalam satu waktu saja. Selain jadwal upload konten yang teratur, isi dari setiap kontennya juga sebisa mungkin tidak monoton. Misalnya tidak hanya mengunggah produk berisi keterangan harga. Namun juga membuat konten lain yang masih berkaitan dengan produk, seperti mengangkat manfaat produk, kandungan produk, dan sebagainya. Sehingga isi dari media sosial kita akan menjadi lebih bervariasi.

7. Monitor dan Evaluasi

Melakukan monitoring dan evaluasi juga merupakan hal penting untuk mengembangkan media sosial dalam bisnis. Tidak hanya sekedar melakukan upload konten, namun Anda perlu melakukan monitoring terhadap perkembangan media sosial tersebut. Setelah itu, perlu juga dilakukan evaluasi secara berkala terhadap media sosial Anda. Apakah target jangkauan sudah terpenuhi, atau mencari pembaruan ide untuk pengmbangan selanjutnya.

Nah itulah beberapa tips dalam mengembangkan media sosial dalam dunia bisnis. Semoga bermanfaat !

Comments

  • No comments yet.
  • Add a comment