Tips Memilih Nama untuk Bisnis Kamu

Setelah Sobat UKM memutuskan jenis dan lokasi bisnis kamu, sekarang waktunya kamu untuk memilih nama bisnis. Nama bisnis adalah nama perdagangan bisnis kamu. Memilih nama yang tepat akan membantu menciptakan citra yang kamu inginkan untuk bisnis kamu. Ini juga akan membantu membedakannya dari pesaing kamu. Memilih nama bisnis bisa dibilang gampang-gampang susah. Berikut tips memilih nama untuk bisnis Sobat UKM.

1. Pilih nama yang mudah diingat

Tips yang pertama, pilihlah nama yang mudah diingat. Hindari memberi nama untuk bisnis yang sulit dari ejaan dan pelafalan sehingga sulit diingat. Oleh sebab itu, sebaiknya berikan nama yang mudah diingat agar pembeli dapat mengingat secara cepat nama bisnismu. Nama yang mudah diingat membuat pembeli akan kembali berkunjung karena mereka ingat dan bisa menemukan tempat usahamu dengan mudah.

2. Pilih nama yang mudah diucapkan

Tips yang kedua adalah sebaiknya memilih nama yang mudah diucapkan dan dieja oleh kebanyakan orang. Cukup gunakan kata-kata yang sederhana. Hal ini memudahkan pelangganmu untuk merekomendasikan bisnis kamu ke orang lain atau memudahkan pelanggan untuk mencari bisnismu melaui internet.

3. Hindari pemilihan nama yang sulit

Menghindari pemilihan nama yang sulit dapat membantu kamu dalam mengenalkan produk bisnis kamu kepada para pelanggan. Hal ini membuat para pelanggan mudah mengingat nama bisnismu sekaligus untuk menghindari atau meminimalisir pengucapan yang salah dari pelanggan. Kamu gak mau kalau harus sering-sering mengoreksi kesalahan ucap para pelanggan, bukan?

4. Singkat dan sederhana

Tidak masalah kalau kamu ingin menyingkat nama bisnismu agar lebih mudah diingat.  Memiliki nama bisnis yang disingkat bisa memberi kesan unik dan tetap mudah diingat. Nama bisnis yang disingkat harus relevan dengan bisnis yang kamu jalankan.

5. Gunakan akronim

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), akronim adalah singkatan yang berupa gabungan huruf atau suku kata atau bagian lain yang ditulis dan dilafalkan sebagai kata yang wajar. Jadi tidak masalah jika kamu ingin menggunakan akronim untuk menyingkat nama bisnismu agar lebih mudah diingat oleh pelanggan.

6. Pilih nama yang belum digunakan oleh usaha lain

Hindari pemilihan nama yang sudah digunakan banyak orang untuk bisnisnya karena bisa memberi kesan bahwa bisnismu tidak orisinal. Kalau namanya mirip, bisa-bisa calon pelangganmu justru membeli produk dari pesaing.

7. Menggunakan nama kamu

Menggunakan nama kamu sendiri sebagai nama bisnis kamu bisa menjadi solusi yang baik. Dengan memberi nama kamu di bisnis kamu menunjukkan bahwa kamu orang yang memililiki kepercayaan diri yang tinggi. Selain itu, dengan menggunakan nama kamu sendiri, bisa menjadi motivasi bekerja lebih baik lagi. Karena ini menyangkut nama baik kamu.  

8. Memiliki makna positif

Tips yang terakhir dalam memilih nama bisnis adalah pastikan nama bisnis kamu memiliki nama yang positif. Tidak hanya terdengar keren dan unik, nama bisnis kamu juga perlu memiliki makna yang positif sebagai ungkapan doa. Dari nama bisnis yang memiliki makna positif tersebut diharapkan akan berpengaruh pada kelancaran bisnis kamu.

Itulah tips-tips untuk memilih nama bisnis kamu! Semoga kamu gak bingung lagi dalam menentukan nama bisnis kamu yaa… Semoga bermanfaat!

Sumber:

https://gajitim.com/cara-memilih-nama-usaha/

https://glints.com/id/lowongan/tips-memilih-nama-bisnis/#.Y1jL6XZBzrc

https://lifepal.co.id/media/nama-usaha/

Comments

  • No comments yet.
  • Add a comment