Tips dan Trik Agar Produk Usaha Menarik di Tengah Pandemi

Pandemi COVID19 telah berlangsung cukup lama khususnya di Indonesia, hampir 2 tahun lamanya masyarakat melakukan aktivitas di rumah aja. Hal ini juga berdampak pada para pelaku usaha di mana para pelaku harus banting setir untuk dapat melanjutkan aktivitas berjualan di rumah aja. Seperti jual beli online atau bahkan rumah makan menyediakan sistem delivery order (do) agar tetap berjualan. Hal ini dilakukan agar tetap terus bekerja dengan mengikuti anjuran pemerintah. Tapi tentu tidak semudah yang dipikirkan. Masih banyak pelaku usaha di luar sana yang terpaksa gulung tikar.

Ada beberapa langkah yang sobat harus ambil untuk bisa bertahana. Jika sobat masih bingung hal apa saja yang harus dilakukan agar produk sobat dapat diminati oleh banyak konsumen. Mimin akan bagi tips dan trik produk usaha menarik di tengah pandemi :

1. Kenali Kebutuhan Pasar

Sobat harus tau dan mengikuti kebutuhan masyarakat. Contoh kebutuhan masyarakat tidak jauh dari makanan. Karena semua orang butuh makanan, sobat bisa aja mencetuskan makanan baru atau mengikuti ide jualan makanan yang sudah ada di pasaran. Seperti baru – baru ini, di media sosial di hebohkan dengan jajanan “Croffle” dimana untuk mendapatkan Crofflenya itu sendiri sobat bisa mengantri berjam – jam loh. Jika sobat tertarik sobat bisa saja mengikuti ide jualan tersebut, dengan resep rahasia yang sobat ciptakan. Atau sobat bisa ciptakan makanan baru.

2.Gunakan Nama Toko dan Desain Yang Menarik

Gunakanlah nama toko yang unik yang dapat diingat oleh konsumen. Biasanya hal – hal unik lebih gampang membekas di kepala orang. Sobat bisa mulai dari plesetan kata atau singkatan kata yang memiliki makna. Jangan lupa selain nama toko, sobat juga harus perhatikan desain, konten di media social atau juga posisi foto yang akan di upload ke media sosial. Semua harus diperhatikan. Pilihlah kalimat yang mudah dimenegrti oleh orang dan kalimat ajakan. Seperti “Jangan lupa follow akun media sosial kita ya, kita bakal kasih diskon besar-besaran !!!”.

3.Jangan Lupa Daftar Usahamu Ke Marketplace

Di jaman yang modern ini banyak kemudahan – kemudahan yang dapat digapai. Salah satunya adalah kegiatan berjualan. Sekarang sudah jarang penjual mengantarkan langsung jualannya ke pembeli. Ada Namanya marketplace. Dimana penjual dan pembeli tetap dapat berinteraksi di salah satu platform belanja. Sobat hanya perlu mendaftarkan toko sobat ke berbagai macam marketplace. Upload foto produk, lalu pembeli akan segera membeli produk sobat di marketplace tersebut. Mudah kan ?

4.Promosikan Daganganmu Ke Sosial Media

Sebelum marketplace booming, banyak pelaku usaha disekitaran kita menjual dagangannya di sosial media seperti Instagram, Faceboo, Twitter, Website dll. Ternyata cara ini juga masih digunakan sampai sekarang. Karena kita tahu bahwa masyarakat di dunia tidak lepas dari yang Namanya sosial media. Maka dari itu sobat bisa pakai cara ini ya untuk menjualkan produk – produk sobat.

5.Manfaatkan Iklan Sosial Media Ads

Jika sobat menggunakan sosial media sebagai toko jual produk sobat. Sobat jangan lupa gunakan iklan sosial media ads. Social Media Ads, juga penargetan media sosial, adalah sekelompok istilah yang digunakan untuk menggambarkan bentuk iklan online yang berfokus pada layanan jejaring sosial. Salah satu keuntungan utama dari jenis iklan ini adalah bahwa pengiklan dapat memanfaatkan informasi demografis pengguna dan menargetkan iklan mereka dengan tepat. Jika sobat menggunakan sosial media ads ini, toko sobat sudah auto iklan ke semua pengguna sosial media lainnya.

6.Gunakan Jasa Endorse Seleb

Pilihan satu ini banyak digemari oleh para pelaku usaha yakni “Endorse” atau kepanjangan dari endorsement adalah tindakan untuk memberi dukungan kepada para pelaku suatu brand. Endorse sendiri sudah terkenal di tahun 2016. Di mana para pelaku endorse sendiri diawali  oleh selebgram terkenal seperti Awkarin, Rachel Vennya, Arief Muhammad dll. Caranya pun dianggap mudah seperti para pelaku usaha menghubungi selebgram atau selebritas untuk mengiklankan produk yang sobat ingin jual. Setelah di acc sobat biasanya disuruh mengirim produk lalu membayar jasa endorse ke para selebgram atau selebritas. Langkah ini hampir sama seperti sosial media ads yakni sama – sama membayar jasa iklan. Tetapi kegiatan endorse lebih banyak digemari karena produk yang kita jual dapat di pakai langsung oleh selebgram atau selebritas yang kita sukai dan di post di sosial media pribadi mereka. Biasanya masing – masing dari para selebgram dan selebritas memiliki daftar harga untuk setiap jasa yang akan diposting di sosial media pribadi mereka. Bagaimana sobat, tertarik untuk endorse para selebgram pilihan sobat ??? Silahkan sobat menghubungi manager atau admin yang tertera dibio masing – masing selebgram pilihan sobat.

Itu dia tips dan trik yang dapat digunakan di masa pandemi, semoga dapat bermanfaat bagi sobat – sobat yang akan membuka atau sedang menjalani usahanya. Selamat mencoba !!!

Comments

mood_bad
  • No comments yet.
  • Add a comment