Tips dan Cara Menjalankan Usaha Produksi

Usaha atau bisnis yang kegiatan utamanya memproduksi barang disebut perusahaan manufaktur. Bisnis di bidang manufaktur sangat lekat dengan rantai pasokan, bahan baku, tenaga kerja, distribusi, pergudangan, dan sebagainya.

Agar Anda dapat menjalankan usaha produksi dengan sukses, Anda perlu memahami apa saja elemen-elemen yang ada didalamnya, bagaimana menjalankannya dengan metode paling efisien, dan tips apa saja yang perlu diketahui oleh calon pengusaha manufaktur.

Menentukan Barang yang Akan Diproduksi

Ada beberapa metode yang bisa Anda pilih untuk menentukan barang yang akan Anda  produksi. Apakah Anda akan memproduksi barang berdasarkan riset dan data dari pasar, apakah Anda akan memproduksi barang sesuai dengan keahlian Anda, atau Anda memproduksi barang yang sesuai dengan selera Anda sendiri.

Akan lebih efektif dan minim resiko jika Anda memproduksi barang yang dibutuhkan oleh konsumen Anda, yang Anda ketahui datanya melalui riset pasar, kemudian Anda membuat purwarupa atau prototipe yang nantinya akan Anda uji di pasar sebelum produksi massal. Anda juga bisa mengambil opsi untuk memproduksi barang jenis tertentu sesuai pesanan konsumen, disebut juga custom atau maklon.

Tentukan lokasi pabrik

Ada beberapa pertimbangan saat menentukan lokasi pabrik yang tepat, apakah Anda dekat dengan konsumen, dekat dengan bahan baku, atau memilih lokasi yang memiliki tenaga kerja manusia yang melimpah dan murah. Faktor tersebut bisa saja berganti-ganti sesuai kondisi pasar dan politik. Jadi tidak menutup kemungkinan seorang pengusaha manufaktur memindahkan lokasi pabriknya dikemudian hari.

Terus Berinovasi Pada Bisnis Anda

Jangan cepat puas meskipun produk Anda sudah menjadi market leader di pasaran, bisa jadi ada pemain baru atau kompetitor yang datang dengan produk yang inovatif dan Anda tidak dapat mengunggulinya. Selalu pertahankan mindset never ending learning agar perusahaan Anda selalu hadir dengan inovasi terdepan.

Maksimalkan produktivitas Anda

Tingkatkan kecepatan Anda dalam mendesain produk dan proses produksinya. Manufaktur dengan sistem manajemen yang ramping berfokus pada proses produksi dan penggunaan anggaran yang efisien. Tim manufaktur dan tim desain produk Anda harus dapat berkomunikasi dan bekerja sama secara efektif. Penggunaan metode dan pemilihan komponen yang tepat dapat sangat membantu menekan biaya tenaga kerja dan waktu produksi.

Perhatikan rantai pasokan Anda

Anda harus tahu tentang risiko apa pun yang mengancam kelancaran pemasok Anda. Anda tidak ingin dikejutkan oleh pemasok yang tiba-tiba menghilang. Apakah pemasok Anda berfokus pada kualitas, penelitian, dan pengembangan, bukan hanya harga komponen? Jika tidak, kemungkinan besar Anda akan merugi pada akhirnya.

Menjaga kualitas

Masih banyak produsen yang mengirimkan komponen dengan tingkat kerusakan yang tinggi. Perusahaan manufaktur yang sukses adalah perusahaan yang memiliki keunggulan kompetitif dalam menguranginya komponen berkualitas rendah.

Diversifikasi basis pelanggan Anda

Jika pangsa pasar Anda sudah mencapai titik jenuh atau titik saturasi, ada baiknya jika Anda membidik segmen lain agar Anda dapat mendiversifikasi resiko usaha Anda. Hal ini akan menjadi penolong saat salah satu divisi usaha Anda mengalami kemandekan atau krisis.

Memiliki Daya Saing Global

Upaya-ipaya untuk memperbesar skala bisnis Anda seperti upaya Akuisisi, konsolidasi, dan diversifikasi dapat membantu pengusaha manufaktur untuk mencapai skala ekonomi global. Dengan daya saing dan skala global, perusahaan kompetitor akan sulit untuk menyaingi Anda. Perusahaan Anda dapat memainkan peran penting dalam konfigurasi yang lebih besar dan lebih kuat.

Investasi Pada Karyawan Anda

Pengusaha yang membayar upah lebih tinggi dan melakukan investasi lebih besar dalam pelatihan dan pemberdayaan karyawan menunjukkan perkembangan usaha yang tinggi dibandingkan perusahaan yang tidak melakukan hal ini.

Karyawan yang bekerja pada perusahaan Anda adalah penentu kualitas output yang dihasilkan oleh perusahaan Anda. Menginvestasikan uang dan tenaga Anda pada karyawan dapat meningkatkan loyalitas dan skill karyawan yang nantinya akan menunjukkan hasil positif pada profit bisnis Anda.

Berikan karyawan Anda kesempatan untuk belajar agar  lebih fleksibel dalam bisnis manufaktur Anda. Anda dapat mengisi kesenjangan keterampilan dan meningkatkan kemampuan karyawan. Jika Anda memiliki karyawan yang dapat mengoperasikan semua mesin Anda dan melakukan semua operasi, Anda dapat mengurangi waktu tunggu dan menjadi super efisien.

Jangan menumpuk inventaris

Menyimpan banyak stok dalam jumlah besar dapat menghabiskan uang Anda. Jangan berinvestasi terlalu banyak dalam persediaan, lebih baik memiliki uang tunai. Temukan cara untuk mengurangi biaya penyimpanan karena akan membebani keuangan perusahaan

Pemasaran

Buat situs web yang fungsional dan bagus, pelajari tentang pengoptimalan mesin telusur (SEO) untuk mendapatkan pengunjung yang banyak. Membuat konten marketing yang menarik adalah cara terbaik untuk membuat pelanggan menemukan Anda dan tertarik dengan produk Anda.

Buat video untuk menunjukkan sisi terbaik perusahaan Anda, jika sebuah gambar bernilai 1.000 kata, maka sebuah video layak mendapatkan sejuta perhatian. Video explainer adalah video animasi yang menjelaskan produk Anda kepada calon pelanggan, terbukti secara signifikan meningkatkan penjualan.

Perbaiki kemasan Anda karena hal ini merupakan bagian penting dari upaya pemasaran karena dapat menunjukkan nilai merek Anda. Bagaimana cara Anda mengemas produk sama pentingnya dengan kualitas produk Anda itu sendiri.

Comments

  • No comments yet.
  • Add a comment