Tingkatkan Pemasaran UMKM Anda secara Sistematis di Era Digital dengan Program PaDi UMKM

Apa Itu PaDi UMKM?

PaDi UMKM atau yang biasa disebut sebagai Pasar Digital UMKM adalah sebuah platform online yang dibentuk oleh Telkom Indonesia atas inisiasi Kementerian BUMN. Saat ini, PaDi UMKM dikelola oleh PT Metranet yang merupakan salah satu anak perusahaan PT Telkom Indonesia.

Program PaDi UMKM bertujuan untuk menjadi salah satu tempat dimana UMKM bisa memperluas akses pasar dan mendapatkan kemudahan dalam memperoleh akses pembiayaan/pendanaan. Selain itu, Program PaDi UMKM ini dibentuk untuk mempertemukan UKM dan BUMN sehingga transaksi belanja BUMN pada UMKM dengan lebih optimal, cepat dan efisien.

Pasar Digital UMKM ini mulai diperkenalkan secara luas pada tanggal 17 Agustus 2020, bertepatan dengan Hari Kemerdekaan Indonesia. Program PaDi UMKM akan memberikan ruang bagi para pelaku UMKM untuk menjadi vendor/pemasok BUMN. Hal ini tentu saja menjadi sebuah peluang yang baik untuk mengembangkan bisnis UKM.

Platform online ini juga akan menjadi solusi untuk semua pihak yang membutuhkan, baik BUMN, UMKM maupun pemerintah. PaDi UMKM sendiri menjadi bukti bentuk dukungan serta sinergi Kementerian BUMN dan seluruh BUMN untuk membangun sistem UMKM dalam skala nasional serta mengembangkannya secara sistematis di era digital seperti saat ini.

Apa Keuntungan Mengikuti Program PaDi UMKM?

Bagi Anda yang saat ini menjalankan sebuah bisnis UMKM. Anda bisa memanfaatkan peluang ini untuk mendaftarkan bisnis Anda dalam Program PaDi UMKM. Ada beberapa keuntungan yang bisa Anda peroleh jika ikut berpartisipasi dalam program ini, di antaranya adalah :

1.            Akses Lokal dan Global E-Commerce

Jika bisnis Anda tergabung dalam program ini, maka UMKM yang Anda kelola akan mendapatkan akses berjualan ke pasar e-commerce didalam maupun di luar negeri. Tentunya hal ini akan memberikan dampak yang sangat baik pada bisnis UKM yang Anda kelola lantaran dengan akses ini, Anda akan memperluas jangkauan pasar/konsumen.

2.            Kemudahan Proses Pembiayaan

Keuntungan kedua, jika bisnis UMKM Anda membutuhkan tambahan pembiayaan maka Anda bisa mendapatkan kemudahan akses ke beberapa lembaga pembiayaan yang bekerjasama dengan program tersebut. Diantaranya adalah : Bank BRI, Pegadaian, dan PNM.

3.            Adanya Pasar yang Pasti di Perusahaan BUMN

Keuntungan mengikuti Program PaDi UMKM selanjutnya adalah Anda bisa memperoleh pasar yang pasti di perusahaan BUMN. Mendapatkan pelanggan seringkali menjadi sebuah permasalahan sendiri, terutama untuk bisnis UMKM yang baru saja dirintis. Dengan Platform PaDi UMKM ini, maka Anda akan mendapatkan pelanggan tetap dari perusahaan BUMN.

4.            Adanya Kepastian Pembayaran

Ketidakpastian pembayaran tentu saja adalah salah satu resiko yang harus dihadapi oleh bisnis UKM. Dengan platform ini, pelaku bisnis tak perlu khawatir lagi mengenai pembayaran lantaran sistem pembayaran dalam Program PaDi UMKM ini telah termonitor langsung oleh manajemen dan Kementerian BUMN.

Kesimpulan

Sekian pembahasan mengenai Program PaDi UMKM. Fitur Marketplace dan E-Procurementnya tentu akan sangat membantu pihak penyedia (UMKM) dan pihak BUMN atau pemerintah untuk saling bertemu dan mengadakan kerja sama terkait dengan proyek/tender yang akan dilaksanakan.

Untuk mengunjungi platform PaDi UMKM, Anda bisa klik link brikut ini : https://padiumkm.id/

Kembangkan bisnis UKM Anda dengan PaDi UMKM. Dapatkan akses ke berbagai fitur platform tersebut dan juga perluas jaringan bisnis Anda.

Comments

mood_bad
  • No comments yet.
  • Add a comment