Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) adalah usaha atau bisnis yang dilakukan oleh individu, kelompok, badan usaha kecil, maupun rumah tangga. Keberadaan UMKM ini di Indonesia sangat diperhitungkan, karena berkontribusi besar pada pertumbuhan ekonomi. UMKM menjadi kelompok usaha yang paling besar di Indonesia yang berkontribusi dalam pertumbuhan perekonomian Indonesia sebesar 60%.
Bisnis UMKM saat ini lebih kuat dalam menghadapi krisis global jika dibandingkan dengan usaha lain. Tetapi hal ini sangat tidak mudah, karena banyak sekali persaingan dengan produk dari negara lain. Untuk itu, agar UMKM dapat bersaing dalam mengembangkan bisnis atau usaha yang mereka miliki pada pasar global, terdapat beberapa strategi yang harus diterapkan pada UMKM, sebagai berikut :
1.Produk
Menentukan suatu produk yang akan dipasarkan dalam dunia bisnis adalah hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Sebelum Anda menentukan produk yang akan dipasarkan, perlu dilakukan riset pasar terlebih dahulu. Agar bisa memahami apa yang sedang dibutuhkan oleh calon konsumen, mengerti tren pasar yang sedang berkembang saat ini, dan melihat seberapa besar peluang pasar yang akan kita bidik.
Selain itu, mengenai kualitas suatu produk menjadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Kualitas produk yang diperdagangkan nantinya harus disesuaikan dengan kebutuhan pasar dan dapat bersaing dengan produk serupa lainnya. Jika memungkinkan, produk Anda harus bisa setara atau lebih baik dengan produk yang dijual dengan standar pasar global.
2. Harga
Menentukan harga dari suatu produk yang akan dipasarkan juga penting untuk diperhatikan agar dapat memperoleh keuntungan dengan perhitungan yang matang. Tips yang bisa dilakukan dalam menentukan harga yaitu, Anda harus teliti dalam menghitung total semua biaya yang dikeluarkan selama proses produksi. Terdapat 3 cara yang bisa dilakukan dalam menentukan harga, agar Anda tidak mengalami kerugian, yaitu sebagai berikut :
3. Tempat
Tempat juga merupakan hal yang penting dalam menjalankan usaha. Karena dengan memiliki tempat yang strategis maka besar kemungkinan produk yang Anda pasarkan lebih cepat terjual. Berikut hal – hal yang harus diperhatikan dalam menentukan tempat usaha atau bisnis, yaitu:
4. Promosi
Promosi adalah hal yang penting dilakukan untuk memperkenalkan produk Anda kepada calon konsumen. Agar kegiatan promosi yang dilakukan bisa tepat sasaran, maka harus memperhatikan kebutuhan pasar. Melakukan riset pasar, tentang produk yang dijual dan siapa saja calon konsumen yang potensial untuk membeli produk tersebut. Selain itu, Anda juga harus mempersiapkan media promosi apakah akan diadakan secara online atau offline.
5. Sumber Daya Manusia (SDM)
Sumber Daya Manusia penting diperhatikan. SDM yang dipilih haruslah orang-orang yang memang sesuai dengan bidang bisnis produk Anda. Perlu dilakukan proses seleksi terhadap calon karyawan dalam bisnis UMKM yang Anda bangun. Hindari referensi dari kenalan atau saudara jika dirasa skill yang dimiliki masih belum sesuai.
Demikianlah pembahasan mengenai 5 strategi untuk mengembangkan UMKM di Indonesia untuk menghadapi pasar global.