Pelaku usaha kecil dan menengah harus lebih aktif menggunakan teknologi untuk kelangsungan bisnis, seperti penggunaan sistem HRD. Selama ini, pengguna sistem HRD diidentikan dengan perusahaan besar dan belum terlalu penting untuk usaha kecil maupun menengah. Alasannya karena pelaku UKM merasa kegiatan bisnis mereka baik-baik saja, tidak memerlukan bagian khusus untuk mengelola sumber daya manusia. Sekarang kita tahu bahwa pandangan sistem HRD hanya dibutuhkan oleh usaha besar adalah salah besar. Sistem HRD juga berdampak besar bagi UKM untuk dapat berkembang menjadi usaha besar. Maka dari itu sobat harus pertimbangkan sistem HRD ini pada usaha sobat, seperti :
1. Aplikasi dan fitur
UKM pada umumnya memiliki mobilitas yang tinggi, hal ini dapat diatasi dengan penggunaan aplikasi mobile. Sangat fleksibel bukan jika monitor absensi, jam kerja karyawan, persetujuan cuti, pemberian tugas, hingga pembayaran gaji serta slip gaji dapat diurus lewat ponsel?
Pastikan fitur yang ditawarkan lengkap dan sesuai kebutuhan UKM Anda. Fitur yang paling penting dan harus ada adalah database, absensi, payroll, payslip, shift, perhitungan pajak, dan pengajuan cuti.
2. User-friendly
Pastikan pengoperasian program mudah dimengerti dan user-friendly. Pilih sistem yang menyediakan tutorial penggunaan dan menawarkan demo langsung sehingga mudah dipelajari oleh orang-orang yang belum pernah menggunakan teknologi sekalipun. Beri nilai lebih pada sistem yang menawarkan cloud database sehingga bisa diakses dari mana saja dan kapan saja.
3. Menyediakan layanan atau service selama penggunaan
Ini merupakan poin pertimbangan yang penting. Pastikan tidak hanya sistem yang baik tetapi juga memiliki layanan setelah pembelian/selama penggunaan tetap yang baik. Supaya ketika ada kesulitan saat penggunaan bisa langsung ditanyakan ke customer service.
4. Dapat di-custom sesuai kebutuhan usaha Anda
Pastikan sistem dan aplikasi dapat dibuat sesuai dengan kebutuhan Anda. Sehingga apa yang Anda perlukan ada dan dapat langsung diakses tanpa repot.
5. Sesuai budget
Ada banyak sistem HRD yang ditawarkan di pasar dengan harga yang variatif. Biasanya aplikasi berbasis cloud lebih murah daripada aplikasi on-premise. Lebih teliti dalam memilih sistem mana yang menyediakan jawaban untuk kebutuhan Anda dengan harga yang sesuai. Jangan sampai terlena dengan harga yang murah, namun tidak sebanding dengan servis yang ditawarkan. Jangan juga membayar lebih untuk fitur yang tidak Anda butuhkan.
Semoga informasi yang disampaikan ini berguna ya sobat
Sumber : https://greatdayhr.com/id-id/blog/usaha-kecil-menengah/