SI APIK, Aplikasi Pencatatan Keuangan UKM Lengkap dan Gratis dari Bank Indonesia

Latar Belakang

Umumnya tingkat pemahaman para pelaku UKM mengenai Akuntansi atau transaksi pencatatan keuangan di Indonesia masih rendah. Oleh karena itu, Bank Indonesia (BI) berupaya mendorong kemajuan UKM dengan menciptakan sebuah Sistem Aplikasi Pencatatan Informasi Keuangan (SiApik) yang bisa diakses oleh para pelaku UKM untuk mencatat transaksi keuangan yang mereka miliki.

Aplikasi Catat Keuangan Bank Indonesia ini bisa diunduh melalui Google Play Store. Aplikasi ini bisa diakses secara offline. Sehingga para pelaku UKM yang berada di wilayah yang koneksi internetnya tidak stabil tetap bisa menggunakan aplikasi ini tanpa kendala.

Keamanan data pengguna di dalam aplikasi ini juga terjamin, para pelaku UKM juga bisa memasukkan password yang bisa disetel guna mengamankan data transaksi.

Apa Itu SI APIK?

Si Apik adalah aplikasi pencatatan informasi keuangan yang dapat membantu para UKM untuk melakukan pembukuan dan pencatatan setiap transaksi keuangan yang mereka lakukan. Aplikasi ini dapat mencatat jenis transaksi sederhana bagi usaha perorangan/usaha mikro ataupun usaha skala kecil.

Standar pencatatannya sendiri mengacu pada standar yang telah disusun oleh BI (Bank Indonesia bersama dengan Ikatan Akuntan Indonesia (IAI). Jadi, sistem pencatatan pada aplikasi ini sudah baku, diakui dan diterima oleh berbagai lembaga keuangan yang ada di Indonesia. Dengan demikian, laporan-laporan yang dihasilkan dari aplikasi ini juga bisa dijadikan sebagai landasan pengajuan pembiayaan kredit kepada lembaga keuangan.

Untuk sistem pencatatannya sendiri, aplikasi ini menganut sistem Input Single Entry (menurut transaksinya) sehingga tidak menginput berdasarkan akun-akun yang merumitkan. Hal ini tentunya akan mempermudah penggunaan aplikasi (pelaku usaha) untuk mencatat dan menghasilkan laporan keuangan. Terlebih mereka yang tidak memahami akuntansi secara terperinci.

Dengan sistem aplikasi ini, pengguna tak perlu memilih transaksi debit dan memilih lawan transaksi kreditnya (seperti pada sistem Double Entry). Pengguna aplikasi ini hanya perlu mengkategorikan sebuah transaksi : apakah termasuk transaksi penerimaan atau transaksi pengeluaran.

Aplikasi Catat Keuangan Bank Indonesia : Si Apik ini sendiri dapat digunakan oleh berbagai jenis UKM baik yang bergerak dalam bidang jasa, perdagangan ataupun manufaktur. Pencatatan persediaannya sendiri menggunakan sistem FIFO, dimana barang yang akan dikeluarkan terlebih dahulu adalah barang yang paling awal masuknya. Hal ini akan memudahkan para pengguna aplikasi untuk memonitor barang yang keluar masuk gudang serta menjaga stok barang agar tidak spoil.

 Aplikasi Catat Keuangan Bank Indonesia : Si Apik ini dapat menyajikan berbagai informasi laporan keuangan seperti Laporan Neraca, Laba Rugi, Arus Kas dan Rincian Pos Keuangan. Si Apik ini sendiri juga bisa Anda gunakan secara gratis tanpa syarat.

Tujuan dari Pembuatan Aplikasi Si Apik?

Tujuan penyusunan aplikasi itu sendiri adalah agar para pelaku UKM lebih melek finansial. Minimal mereka bisa membedakan antara aset dan utang maupun piutang. Aplikasi ini juga diharapkan mampu menggantikan sistem pencatatan manual yang biasa digunakan oleh para pelaku UKM untuk melakukan pembukuan.

Apa Saja Kelebihan Aplikasi Ini?

a.       Tanpa adanya batasan pencatatan jumlah transaksi.

b.      Tanpa adanya batasan jumlah entitas usaha yang Anda miliki.

c.       Tanpa adanya batasan entitas usaha di setiap sector.

d.      Tanpa adanya batasan jumlah barang, bahan material, jenis jasa.

e.      Tanpa adanya batasan jumlah pemasok, jumlah pelanggan.

f.        Tanpa adanya batasan periode melihat laporan keuangan, dan

g.       Bisa digunakan tanpa memerlukan koneksi internet.

Sumber :

https://www.bi.go.id/siapik/v110/#/login

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.ptk&hl=in&gl=US

https://www.bi.go.id/siapik/v110/

Comments

  • Agus Setiyo Hirmawan
    November 30, 2021 at 12:49 pm

    Aplikasi Pencatatan Keuangan yang sangat bagus untuk UMKM

  • Siti Sopiah
    January 1, 2022 at 6:23 am

    kanapa yaa si apik nya ga bisa ke buka huhu padalhan lagi banyak tugas

    • SMEsta KODI
      January 4, 2022 at 9:50 am

      Sedang kami tanyakan ke tim di Bank Indonesia

      • SMEsta KODI
        January 5, 2022 at 5:53 pm

        Aplikasi SIAPIK sedang dalam perbaikan, tim Bank Indonesia sedang upayakan perbaikan tercepat

  • yudi setiawan
    January 1, 2022 at 11:13 am

    kenapa si apik tidak dapat di akses lagi? database saya di sana..

    • SMEsta KODI
      January 4, 2022 at 9:49 am

      Iya sedang tidak bisa diakses, kami tanyakan ke rekan di BI ya. Mohon direfresh lagi SIAPIK nya.

  • Yulie Meliani
    February 21, 2022 at 5:34 pm

    saya sudah memakai siapik beberapa bulan, pada saat saya mau buka laporan ada koment saya harus registrasi ke BI karna sudah memenuhi minimum pelaporan, setelah saya ikutin registrasinya malah yang keluar bahasa pemograman,

  • Lientje Mamahit
    March 7, 2022 at 12:35 pm

    Kita akan mulai pembukuan sesuai siapik

  • Ali Imron
    March 16, 2022 at 8:27 am

    Ijin bertanya,
    Saya menggunakan SiApik pd tahun 2019 via website. Saat itu terdapat dua versi, SiApik aplikasi smartphone dan website, yang ternyata kedua datanya tidak saling tersinkronisasi. Saya merasa ribet jika harus membuat 2 data. apakah sekarang sudah ada perkembangan atau perbaikan akan hal tersebut?

  • Nurul Hilal
    May 19, 2022 at 4:07 pm

    Sayas barusan install aplikasi SIAPIK, lalu setelah login mau buka fitur2 yang ada kok tidak bisa, katanya periksa internet…padahal internet saya tidak ada masalah (buka yang lain bisa), apa sebabnya ya ?

  • Sulaeman Hamid
    May 20, 2022 at 8:40 pm

    buka

Add a comment