Perluas Wawasan Bisnis UKM Anda di Program E-Learning Kemendag

Apa Itu Program E-Learning Kemendag?

Dalam rangka mendukung kompetensi serta daya saing para pelaku bisnis UKM, Kementerian Perdagangan Republik Indonesia atau Kemendag meluncurkan sebuah program e-learning bernama Kudagang. Kudagang bisa Anda akses melalui website resminya yakni : https://kudagang.kemendag.go.id/. Anda juga bisa mengunduh aplikasinya di Google Playstore.

Kudagang sendiri merupakan singkatan dari Kompetensi Unggul Perdagangan. Melalui Program E-Learning Kemendag ini, Anda bisa mendapatkan akses ke berbagai materi pelatihan dan kursus. Ada berbagai  kategori pelatihan unit di lingkungan Kementerian Perdagangan yang bisa Anda pilih, seperti : Pusat Pengembangan Sumber Daya Kemetrologian, Pelatihan Ekspor Impor, Pusdiklat Perdagangan, Direktorat Metrologi, Balai Diklat Penguji Mutu Barang, serta Biro Organisasi dan Kepegawaian.

Kudagang menyediakan materi yang interaktif dan paling update yang bisa Anda akses secara penuh. Anda bisa melakukan registrasi terlebih dahulu untuk mendaftar. Kemudian, Anda akan diarahkan ke 3 metode yang disediakan yakni :  melalui SSO Intranet untuk Pegawai Internal Kemendag, dari akun Google atau registrasi melalui Email untuk umum.

Selanjutnya, setelah terdaftar dan berhasil Log In. Anda bisa memilih folder pelatihan mana yang akan Anda akses. Setelah Anda menyelesaikan pelatihan tersebut, Anda akan mendapatkan nilai yang menunjukkan proses penyerapan materi Anda.

Manfaat Mengikuti Program E-Learning Kemendag

Ada beberapa manfaat yang bisa Anda peroleh dengan mengikuti Program E-Learning Kemendag ini, di antaranya adalah :

1.       Lebih praktis dan fleksibel

Dengan mengikuti pelatihan online ini, maka Anda bisa mengakses materi pembelajaran dengan lebih praktis dan efisien. Tidak diperlukan ruang khusus untuk belajar, Anda bisa melakukannya dimanapun dan kapanpun.

2.       Adanya pendekatan yang lebih sesuai

Dibandingkan dengan metode konservatif di dalam kelas, sistem E-Learning ini memiliki pendekatan yang lebih sesuai lantaran sudah mengaplikasikan perkembangan teknologi. Agar Anda bisa lebih memahami materi yang disampaikan penyampaiannya juga dikemas sedemikian rupa.

3.       Solusi pembelajaran efektif selama pandemic

Selama pandemi, kegiatan di luar rumah memang sebaiknya dibatasi, terutama kegiatan-kegiatan yang kurang vital/penting. Dengan adanya sistem E-Learning ini Anda bisa belajar dari rumah atau dari tempat bisnis Anda kapanpun. Tanpa batasan tempat dan waktu.

4.       Materi lengkap

Materi yang ada di dalam Kudagang ini lengkap dan update, materi tersebut juga dibagi menjadi beberapa unit kategori secara terpisah sehingga lebih memudahkan Anda dalam mencari materi yang paling sesuai dengan bisnis UKM Anda. Anda juga bisa mengikuti update berita, latihan, info e-learning dengan mengisikan alamat email dan klik tombol berlangganan yang ada bagian bawah website https://kudagang.kemendag.go.id/.

Kesimpulan

Demikian pembahasan mengenai Program E-Learning Kemendag yang bernama Kudagang. Kudagang ini merupakan salah satu bentuk sumbangsih pemerintah dalam meningkatkan kompetensi dan skill para pelaku UKM. Dengan adanya Kudagang ini, diharapkan para pelaku UKM bisa mendapatkan kemudahan akses ke berbagai materi pembelajaran yang dibutuhkan sesuai dengan bidangnya masing-masing.

Dengan sistem E-Learning yang digunakannya, maka para pengguna platform ini juga bisa dengan mudah menyesuaikan waktunya di sela-sela mengelola bisnis UKM yang mereka miliki. E-Learning juga merupakan sebuah solusi inovatif yang memanfaatkan perkembangan teknologi yang tentunya lebih akrab dengan masyarakat era ini.

Untuk bisa mengakses layanan  Program E-Learning Kemendag ini, Anda bisa melakukan pendaftaran dengan mengeklik link ini : https://kudagang.kemendag.go.id/login/index.php.

Perluas Wawasan Bisnis UKM Anda dengan platform E-Learning yang diluncurkan oleh Kemendag !

Comments

  • No comments yet.
  • Add a comment