Peran Export Consultation Desk (ECD) dalam Membantu Para Pelaku Usaha yang Ingin Melakukan Ekspor Bidang Makanan dan Obat

Apa Itu Export Consultation Desk (ECD)?

ECD adalah inovasi pelayanan Publik Badan Pengawas Obat dan Makanan melalui Pelaksanaan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Ekspor Obat dan Makanan.

Untuk apa Export Consultation Desk (ECD) ditujukan? Export Consultation Desk (ECD) ini ditujukan untuk membantu para para pelaku bisnis di Indonesia dalam bidang Obat dan Makanan yang berniat melakukan kegiatan ekspor. Platform Export Consultation Desk (ECD) ini disediakan karena kesadaran pentingnya meningkatkan daya saing melalui peningkatan ekspor. Oleh karena itu, BPOM sendiri memandang perlunya dibentuk Export Consultation Desk (ECD) sebagai wadah pemberian informasi guna meningkatkan ekspor.

Anda atau para calon eksportir bisa mengakses layanan informasi dan melakukan konsultasi mengenai persyaratan ekspor obat dan makanan di negara-negara tujuan ekspor.

Informasi Apa Saja yang Ditampilkan Dalam Export Consultation Desk (ECD)?

Export Consultation Desk (ECD) menyediakan berbagai jenis informasi di website yang terintegrasi dengan website Badan POM. Informasi-informasi yang tersaji tersebut di antaranya adalah  data ekspor, distributor, analisa akses pasar dan penjelasan mengenai registrasi beserta persyaratan di negara tujuan ekspor.

Selain itu, Export Consultation Desk (ECD) juga mengumpulkan informasi regulasi dan prosedur ijin masuk obat dan makanan dari semua perwakilan RI di negara-negara di kawasan Amerika, Eropa, Asia, Pasifik dan Afrika.

Selain regulasi dan prosedur ijin masuk obat dan makanan, Export Consultation Desk (ECD) juga menyajikan informasi distributor, airline code, airport code, informasi umum mengenai ijin-ijin custom, dan links NRA di negara tujuan ekspor, Kementerian Perdagangan, Badan Pusat Statistik (BPS) dan instansi yg terdapat informasi mengenai eksplorasi, serta link ke perwakilan-perwakilan RI di negara tujuan ekspor. Informasi mengenai regulasi dan daftar distributor juga di-share ke contact center Badan POM (HALOBPOM 1500533) dan akan selalu di update. (Sumber : https://ecd.pom.go.id/)

Bagaimana Mendaftar di Export Consultation Desk (ECD)?

Silakan ke beranda Export Consultation Desk (ECD) dan klik pilihan pendaftaran. Anda bisa mengakses link berikut ini : https://ecd.pom.go.id/pendaftaran/

Pendaftaran dilakukan dengan memasukkan data perusahaan dan profil perwakilan dari perusahaan yang ditunjuk memiliki hak akses Export Consultation Desk (Jumlah perwakilan perusahaan boleh lebih dari 1 orang tapi maksimal 6 orang).

Setelah mendapatkan persetujuan dari Badan POM, profil perwakilan akan dikirimkan melalui email yang berisi username dan password.

Bagaimana Export Consultation Desk (ECD) Bisa Membantu Pengusaha yang Ingin Melakukan Ekspor Makanan dan Obat?

Anda dapat menghubungi Tim Export Consultation Desk (ECD) di form “Hubungi Kami” yang bisa Anda akses di link : https://ecd.pom.go.id/hubungi-kami/

Tim Export Consultation Desk (ECD) akan melakukan evaluasi apakah permasalahan yang terjadi adalah isu hambatan akses pasar atau karena belum adanya kepatuhan aturan di negara tujuan ekspor. Tim Tim Export Consultation Desk (ECD) juga akan bekerja sama dengan unit dan instansi terkait untuk mengkaji permasalahan dan mereview alternatif solusi untuk menyelesaikan permasalahan. Hasilnya kemudian akan diberitahukan via email.

Informasi Kontak

Jl. Percetakan Negara No.23

Jakarta 10560, Indonesia

Telp : (021) 4244691/42883309/42883462

Fax : (021) 4263333

Email : ecd@pom.go.id

Comments

mood_bad
  • No comments yet.
  • Add a comment