Ada banyak alasan kenapa sebuah perusahaan memerlukan sistem CRM yang mumpuni. Mulai dari masalah administrasi yang menyerap terlalu banyak waktu, anggaran pemasaran tidak digunakan secara efektif karena kontak tidak tersegmentasi dengan baik sehingga pesan tidak ditargetkan dan menghasilkan volume prospek yang tidak memuaskan.
Selain itu Anda juga tidak tahu berapa banyak prospek yang dihasilkan oleh promosi email Anda, atau berapa banyak yang dikonversi menjadi penjualan.Terlalu banyak peluang penjualan yang hilang karena tidak ada pegawai Anda yang secara kontinyu berhubungan dengan prospek Anda.
Itulah kenapa Anda memerlukan bantuan Sistem CRM untuk menyederhanakan benang kusut ini. Sistem CRM atau Costumer Relationship Management merupakan sebuah sentral data untuk menyimpan data pelanggan dan prospek melacak interaksi pelanggan, dan berbagi informasi ini dengan rekan kerja. Hal ini memungkinkan bisnis untuk mengelola hubungan dengan pelanggan, dan membantu bisnis untuk dapat menumbuhkan penjualan.
Sistem CRM membantu bisnis menjaga setiap detail kontak pelanggan, melacak setiap interaksi pelanggan, dan mengelola akun pelanggan. Hal ini diperuntukan untuk membantu sebuah perusahaan agar dapat meningkatkan hubungan dengan pelanggan. Hal ini sangat penting karena banyaknya data yang dihasilkan bisnis setiap hari harus diorganisir sedemikian rupa agar dapat digunakan dengan mudah oleh seluruh karyawan.
CRM juga membantu memastikan akurasi dan efisiensi dalam penyimpanan dan pengelolaan data pelanggan. Sistem CRM tidak hanya mengumpulkan data pelanggan namun juga membantu perusahaan untuk mengubahnya menjadi sebuah informasi yang berguna dan dapat ditindaklanjuti yang dapat meningkatkan keuntungan perusahaan.
Sistem CRM pada dasarnya menyediakan tempat penyimpanan dan pengelolaan data pelanggan secara terpusat di mana sebuah perusahaan dapat menyimpan data pelanggan dan berbagi informasi ini dengan rekan kerja yang lain.
Dengan sistem CRM, data yang kita dapatkan dari setiap order pelanggan dapat tersimpan. Sehingga kita dapat memprediksi banyak hal mengenai pelanggan mulai dari selera, volume pesanan tiap bulan, musim-musim ramai atau sepi, dan setiap detail kontak pelanggan yang dapat diakses karyawan secara instan dan juga relevan serta terkini atau terbaru.
Selain melacak setiap panggilan telepon yang peluar masuk dari perusahaan, email yang dikirim, rapat yang diadakan, hingga presentasi yang disampaikan, sistem CRM juga dapat digunakan untuk menambahkan catatan, menjadwalkan tindak lanjut, dan mengatur langkah selanjutnya yang perlu diambil. Hal ini memastikan bahwa peluang untuk melakukan transaksi dengan pelanggan tidak akan terlewatkan.
CRM menguntungkan perusahaan dalam berbagai cara. Meskipun manfaatnya berbeda-beda menurut departemen atau industri, enam manfaat platform CRM yang memengaruhi setiap pengguna meliputi:
Data adalah bagian penting dari bisnis, data bisa Anda dapatkan dari banyak sumber mulai dari catatan informasi konsumen, media sosial, Google Analytics, dan lain.Namun, data tidak akan bermanfaat sampai Anda dapat mengurutkan, menganalisis, dan mengambil keputusan untuk ditindaklanjuti.
Sistem CRM membantu Anda mendalami semua data yang Anda kumpulkan. Anda dapat menggunakan platform CRM untuk menyusun, dan mengatur data tersebut, yang kemudian mudah dimengerti dengan fitur pelaporan. Ini adalah salah satu manfaat terbesar dari penggunaan sistem CRM untuk menjaga aliran informasi tetap faktual dan mudah diakses setiap karyawan Anda.
Sistem CRM menggunakan spreadsheet untuk mengelola data konsumen pada perusahaan Anda dan mampu melakukan input data secara otomatis, menyeleksi data untuk mencari tahu data mana yang penting dan yang tidak, kemudian membuat grafis untuk menyajikan data ini. Sistem CRM dapat melakukan semua hal ini secara otomatis
Dalam sebuah perusahaan aliran data akan terus menumpuk sebelum kita dapat melakukan tindakan seperti mengirim pesan email pada pelanggan. Dengan sistem CRM Anda dapat melakukan banyak hal berkaitan dengan manajemen pelanggan mulai dari input data hingga mengirim email secara otomatis.
Kemampuan ini merupakan manfaat yang sangat signifikan dari penggunaan sistem CRM pada bisnis Anda. Otomatisasi adalah keuntungan yang ditawarkan oleh sistem CRM kepada penggunanya agar data yang telah dikumpulkan dan diolah dapat dilihat di seluruh perusahaan. Tidak hanya pengolahan data, dengan sistem CRM Anda juga dapat mngeksekusi tindakan lanjut seperti menangani pertanyaan pelanggan sederhana, seperti status pesanan, dengan chatbots dan pesan otomatis lainnya.
Pemasaran dapat menghabiskan banyak waktu dan uang untuk membuat kampanye yang sesuai dengan audiens bisnis Anda. Hal-hal seperti menganalisis data dan menguji berbagai strategi berdasarkan analitik dapat Anda simulasikan dengan sistem CRM.
Tenaga penjualan pada perusahaan Anda dapat fokus pada tugas mereka yakni melakukan penjualan produk atau layanan yang tepat kepada pelanggan. Sehingga tenaga penjualan dan tenaga pemasaran dapat bekerja lebih efektif dan efisien berkat kolaborasi dengan sistem CRM.
Karena sistem CRM berbasis komputasi awan atau cloud, tidak hanya dapat diakses melalui berbagai gawai namun juga informasi yang ditampilkan akan selalu uptodate. Membuat tim Anda dapat dengan mudah melihat catatannya untuk membuat keputusan.