Di era persaingan yang semakin kompetitif saat ini, pelaku UKM harus mampu bersaing supaya tidak tertindas oleh produk impor. Belum lagi di era digitalisasi 4.0, pelaku UKM dituntut untuk melek teknologi supaya bisa memasarkan produknya secara luas hingga ke pasar internasional. Lantas bagaimana caranya? Caranya yaitu dengan menggunakan digital marketing.
Digital marketing adalah strategi pemasaran yang menggunakan penerapan teknologi secara digital dengan menggunakan website dan media sosial. Sebagian pelaku UKM sudah menggunakan digital marketing karena berbagai kemudahan dan manfaat yang didapatkan. Berikut adalah beberapa alasan mengapa digital marketing menjadi penting saat ini.
1. Lebih Hemat Biaya Promosi
Dengan menggunakan digital marketing, biaya promosi akan lebih murah dibandingkan pemasaran tradisional. Apabila menggunakan pemasaran tradisional, pelaku UKM perlu melakukan promosi door-to-door, mencetak pamflet, spanduk, brosur, dan sebagainya. Namun dengan digital marketing, kini Anda bisa memanfaatkan platform online seperti website, media sosial, bahkan e-commerce sebagai sarana promosi secara digital.
2. Memudahkan Interaksi dengan Pelanggan
Digital marketing memudahkan pelaku UKM untuk terhubung dengan pelanggan secara online. Melalui platform internet seperti media sosial, website, ataupun e-commerce, Anda bisa melakukan interaksi dengan pelanggan secara real time. Hal ini tentunya akan menguntungkan Anda sebagai pelaku UKM dan pelanggan.
3. Menjangkau Pasar dan Konsumen secara Lebih Luas
Digital marketing menggunakan platform online sebagai media pemasaran dan mempromosikan usahanya. Platform online sendiri tidak memiliki batasan untuk menjangkau pelanggan sehingga bisa menjangkau pasar dan konsumen secara luas baik dari seluruh Indonesia maupun internasional.
4. Kemudahan dalam Analisis Penjualan
Penjualan produk yang terhubung dengan digital marketing akan lebih mudah dianalisis melalui jejak digital. Hal ini akan membantu Anda sebagai pelaku UKM untuk mengetahui perilaku pelanggan, demografi pelanggan, ketertarikan pelanggan terhadap produk, dan sebagainya. Apabila data analisis penjualan sudah didapatkan, hal ini akan membantu usaha Anda menjadi lebih baik dan lebih besar lagi.
5. Meningkatkan Penjualan
Luasnya jangkauan digital marketing melalui platform online memberikan sebuah digital presence atau kehadiran usaha Anda bagi pelanggan sehingga usaha bisa tetap eksis.
Langkah-langkah memulai digital marketing untuk pemula
1. Tentukan Target Market
Anda sebagai pelaku UKM harus menentukan dan memilih target market yang akan menjadi pelanggan. Dengan mengetahui target market, dapat membantu Anda dalam menyusun strategi digital marketing yang tepat sasaran sehingga dapat diidentifikasi keberhasilan pemasaran usaha dengan menggunakan digital marketing.
2. Identifikasi Kebutuhan Target Market
Setelah mengetahui target market untuk usaha, kemudian Anda bisa mulai menganalisis dan mengidentifikasi kebutuhan dari target market yang telah ditentukan. Namun, perlu diperhatikan bahwa produk yang dijual harus menjadi solusi dari permasalahan kebutuhan pelanggan.
3. Bangun Website dan Media Sosial
Website dan media sosial sangat penting untuk meningkatkan jangkauan digital marketing dan media promosi dari usaha atau UKM Anda. Penentuan media sosial juga penting dalam menentukan keberhasilan pemasaran digital marketing.
4. Gunakan SEO, SEM, dan Social Ads
Untuk memaksimalkan pemasaran digital marketing, diperlukan SEO, SEM, dan Social Ads. Untuk SEO dipakai agar usaha Anda tampil di laman pertama Google, sedangkan SEM dan social ads adalah layanan berbayar supaya usaha cepat dikenal.