Panduan Wajib Sebelum Membeli Bisnis Waralaba

Waralaba menawarkan peluang kerjasama kepada pengusaha untuk membuka bisnis siap pakai yang memiliki brand yang sudah terkenal. Saat membeli waralaba, penting untuk meluangkan waktu untuk meneliti berbagai aspek untuk menemukan satu yang cocok untuk Anda.

Waralaba adalah saah satu cara yang bagus untuk terjun ke dunia bisnis, tetapi sebelum itu Anda harus memahami apa itu waralaba dan bagaimana menjalankannya.

Berikut ini semua hal yang diperlukan untuk menjadi pemegang waralaba.

Apa itu waralaba?

Asosiasi Waralaba Internasional mendefinisikan waralaba sebagai jenis lisensi yang diperoleh pihak pemegang waralaba untuk memungkinkan mereka memiliki akses ke kekayaan intelektual, SOP, dan merek dagang dari pemilik waralaba

Sederhananya, Waralaba menyediakan bisnis siap pakai yang sudah memiliki proses, prosedur, strategi, dan merek.

Apakah membeli waralaba menguntungkan?

Jawaban singkatnya ya, Anda akan mendapat banyak keuntungan ketika Anda memutuskan untuk memiliki waralaba. Meskipun tetap ada resiko dan  tanggung jawab layaknya bisnis pada umumnya.

Keuntungan Membeli Waralaba

Pendampingan bisnis

Salah satu manfaat waralaba bagi penerima waralaba adalah pendampingan bisnis yang Anda terima dari pemilik waralaba. Penerima waralaba pada umumnya akan diberi merek, peralatan, stok bahan baku, dan media periklanan, dan semua hal yang mereka butuhkan untuk menjalankan bisnis.

Brand

Manfaat besar yang diterima pewaralaba saat membuka waralaba adalah brand atau merek yang sudah dikenal masyarakat. Jika Anda memulai bisnis dari awal, Anda harus membangun merek dan loyalitas pelanggan Anda dari awal, yang akan memakan waktu. Waralaba di sisi lain memiliki brand terkenal dengan basis pelanggan yang stabil. Jadi, ketika Anda membuka waralaba dengan merek terkenal ini, orang akan secara otomatis membeli produk dari Anda.

Tingkat kegagalan yang lebih rendah

Secara umum, waralaba memiliki tingkat kegagalan yang lebih rendah daripada bisnis independen. Hal ini dikarenakan ketika Anda membeli waralaba, Anda bergabung pada jaringan bisnis yang sudah memiliki pengalaman yang luas dan memiliki departemen riset yang kompeten.

Keuntungan Terjamin

Secara umum, waralaba memiliki profit yang lebih tinggi daripada bisnis yang didirikan secara independen. Sebagian besar waralaba sudah memiliki merek terkenal, sehinng popularitas ini menghasilkan keuntungan yang lebih tinggi.

Risiko lebih rendah

Salah satu alasan pemilik waralaba menghadapi risiko yang lebih rendah daripada pemilik bisnis independen adalah jaringan waralaba. Sebagian besar waralaba dimiliki oleh perusahaan besar yang telah menguji dan membuktikan model bisnisnya sukses bahkan di berbagai negara.

Risiko yang lebih rendah ini juga dapat mempermudah akses pinjaman, termasuk pinjaman bank untuk membantu Anda meluncurkan bisnis pertama Anda.

Jadilah bos Bagi Diri Sendiri

Salah satu manfaat terbesar dari memiliki bisnis waralaba adalah Anda dapat memiliki otonomi atas karier Anda. Selain itu waralaba yang Anda miliki berpotensi menjadi aset pasif Anda yang menghasilkan keuntungan tanpa harus bekerja keras.

Kerugian Waralaba

Meskipun ada banyak keuntungan dari waralaba, memiliki waralaba juga memiliki kerugiannya tersendiri, diantaranya

Peraturan yang Tidak Fleksibel

Anda tidak dapat sepenuhnya mengendalikan bisnis Anda, Anda juga tidak dapat membuat keputusan tanpa persetujuan pemilik waralaba pusat. pemilik waralaba dapat mengontrol salah satu aspek bisnis mulai dari, pemilihan lokasi bisnis, harga, tata Letak, dekorasi, produk, periklanan dan Pemasaran. Pembatasan ini diberlakukan untuk menjaga keseragaman antara waralaba dan merek secara keseluruhan.

Biaya awal

Investasi awal untuk bisa memiliki waralaba bisa sangat mahal, terutama jika Anda bergabung dengan waralaba yang sangat terkenal dengan potensi keuntungan yang besar. Meskipun waralaba yang Anda pilih dapat menghasilkan keuntungan yang lebih besar, Investasi awal ini dapat membebani kuangan Anda.

Biaya Tambahan

Selain investasi awal yang harus Anda sediakan untuk memulai bisnis waralaba Anda, ada biaya tambahan berkelanjutan untuk waralaba. Dalam perjanjian waralaba, biaya ini termasuk biaya royalti, biaya iklan, dan biaya untuk melakukan pelatihan karyawan.

Cara membeli waralaba

Jika Anda telah memutuskan bahwa kepemilikan waralaba tepat untuk Anda, ikuti langkah-langkah ini untuk memulai.

Memilih Waralaba yang tepat

Hanya karena waralaba yang Anda pilih merupakan waralaba yang sudah populer tidak berarti waralaba itu tepat untuk Anda. Cari kriteria waralaba dengan spesifikasi berikut:

Rekam jejak yang solid dari penjualan yang terbukti menguntungkan, pasar yang masih bisa berkembang, memiliki tanggung jawab sosial, memiliki sedikit persaingan, biaya waralaba yang terjangkau.

Mengajukan Permohonan

Setelah Anda memutuskan waralaba yang Anda pilih, saatnya untuk memulai proses pengajuan permohonan kerjasama atau aplikasi. Ini adalah tahap di mana pemilik waralaba akan mempertimbangan aspek seperti keuangan Anda, untuk memastikan Anda memiliki cukup dana sebagai investasi awal, lokasi di mana Anda ingin membuka waralaba, dan persyaratan pendukung lainnya.

ijin usaha

Menyewa Pengacara

Sebelum Anda membeli waralaba, pertimbangkan untuk menyewa pengacara. Faktanya, memiliki pengacara yang membantu meninjau dan memahami ketentuan utama dalam perjanjian waralaba sangat penting untuk memastikan Anda sepenuhnya memahami kewajiban dan tanggung jawab yang Anda lakukan sebagai pemegang hak waralaba.

Manfaat terbesar menyewa seorang pengacara yang memiliki spesialisasi dalam hukum waralaba dapat mendampingi Anda mengisi aplikasi dan meninjau kontrak perjanjian bisnis Anda.

Comments

  • No comments yet.
  • Add a comment