Mengenal Bisnis Waralaba, Jenis dan Contohnya

Waralaba adalah sebuah konsep bisnis dimana pemilik brand memberikan lisensi untuk menjual produknya dengan kekayaan intelektual yang dimiliki dibawah kontrak perjanjian. Waralaba terbesar di dunia dan termasuk pionir dari kesuksesan waralaba adalah Coca-cola yang mengawali kesuksesannya di era pasca perang dunia kedua.

Sistem yang dikenalkan oleh Coca-cola ini kemudian ditiru oleh banyak perusahaan lain yang berasal dari beragam industri lain seperti KFC, McDonald, dan industri lain di bidang jasa.

Sistem waralaba ini kemudian berkembang menjadi beragam sistem yang berbeda-beda, yang dapat kita kategorikan berdasarkan bentuk produk yang dijual, jenis kemitraannya, cakupan area, dan sebagainya

Jenis Waralaba berdasarkan produknya

Seperti yang kami katakan sebelumnya, ada beragam jenis waralaba jika kita bagi berdasarkan karakteristik wujud produknya, misalkan waralaba Produk

Waralaba Produk

Waralaba produk adalah sebuah franchise yang memberi lisensi pada mitranya untuk menyalurkan produk yang ia produksi berupa produk fisik. Contoh waralaba produk diantaranya adalah Coca-cola, KFC, Mc Donald, Chatime, Boba, Exxon, Texas, GoodYear Tyres, Ford, Chrysler, John Deere, dan sebagainnya.

Waralaba Jasa

Waralaba Jasa adalah sebuah franchise yang memberi lisensi pada mitranya untuk menyalurkan produk yang ia produksi berupa produk jasa. Contoh waralaba jasa diantaranya adalah agen travel, studio photo, lembaga pendidikan, asuransi dan Bimbingan belajar seperti Primagama, Ganesha Operation, jasa laundry, kebugaran dan sebagainnya.

Waralaba Campuran

Waralaba Jasa adalah sebuah franchise yang memberi lisensi pada mitranya untuk menyalurkan produk yang ia produksi berupa produk jasa dan produk fisik. Misalkan salon Ivan Gunawan yang menjual jasa perawatan kecantikan dan Salon Rudy  yang menjual jasa tata rambut dan produk perawatan rambut.

Jenis Waralaba berdasarkan asalnya

Jenis yang kedua adalah jenis yang dibedakan dari asalnya atau waralaba luar negeri dan dalam negeri. Contoh waralaba dalam negeri misalnya CFC, Indomart, Haus, Pasco, dan sebagainya.

Sedangkan waralaba luar negeri misalnya Coca-cola, pepsi, KFC, Hotel JW Marriot, Dunkin Donnut, dan sebagainya.

Waralaba Berdasarkan Cakupan Areanya

Jika dilihat dari cakupan areanya, waralaba terbagi menjadi 4 jenis aransemen. Waralaba jenis ini bergerak di bidang manufaktur dan distribusi produk, yaitu

Unit Tunggal atau Single Unit

Waralaba unit tunggal adalah waralaba yang dilandasi sebuah kontrak perjanjian di mana pemberi waralaba memberikan hak kepada penerima waralaba untuk membuka dan mengoperasikan satu unit cabang atau outlet waralaba.

Ini adalah jenis waralaba yang paling sederhana dan paling umum, dan banyak pewaralaba baru memulai dengan cara ini. Sering kali, setelah penerima waralaba membuka unit tunggalnya dan menjadi semakin sukses, ia dapat bernegosiasi dengan Pemberi Waralaba tentang kemungkinan membuka unit lain dari waktu ke waktu.

Waralaba multi unit

Waralaba multi unit adalah perjanjian di mana franchisor memberikan hak kepada franchisee untuk membuka dan mengoperasikan lebih dari satu unit. Biasanya akan ada kategori tertentu dimana franchisor akan memberikan penilaian pada franchisee apakah layak untuk mengoperasikan lebih dari satu unit waralaba.

Development Area

Dibandingkan dengan perjanjian Multi-Unit, dalam perjanjian development Area, franchisor memberikan hak eksklusif kepada franchisee untuk pengembangan wilayah atau development Area itu. Misalnya, franchisee mungkin setuju untuk membuka 5 unit selama periode lima tahun di wilayah tertentu. Wilayah itu dibatasi untuk penerima waralaba itu, dan tidak ada orang lain yang dapat membuka unit di wilayah itu selama masa kontrak.

Master Franchise

Perjanjian waralaba induk memberikan hak lebih kepada penerima waralaba daripada perjanjian pengembangan wilayah. Selain memiliki hak dan kewajiban untuk membuka dan mengoperasikan sejumlah unit tertentu di suatu wilayah tertentu, pemegang waralaba utama juga memiliki hak untuk menjual waralaba kepada orang lain di dalam wilayah tersebut, yang dikenal sebagai sub-waralaba.

Master franchise bisa dibilang anak perusahaan yang beroperasi di wilayah atau negara lain yang berbeda dari wilayah waralaba induk.

Waralaba Paling Populer

Agar kita bisa memahami betapa luasnya gambaran mengenai waralaba dibanding awal mula debutnya, kami juga memberikan tambahan informasi beberapa industri populer yang juga dioperasikan dengan sistem waralaba.

Waralaba makanan

Waralaba makanan dinilai sebagai salah satu jenis waralaba terbaik untuk dimiliki. Waralaba makanan biasanya berkinerja sangat baik. Industri ini lebih mudah dioperasikan dan lebih mudah dijual produknya ketimbang industri jasa. Itulah yang membuat waralaba makanan sangat menarik bagi banyak orang.

Waralaba Kebugaran

Salah satu hal terbaik tentang waralaba kebugaran adalah Anda memiliki pilihan tentang jenis waralaba kebugaran yang dapat Anda miliki. Dan kemudian ada waralaba kebugaran yang melayani demografi tertentu, seperti orang di atas usia tertentu atau wanita.

Gold Gym, Fitness First, Hawa gym yang khusus melayani member perempuan, dsb

Waralaba Organik

Isu lingkungan menimbulkan tantangan tetapi juga menawarkan peluang. Waralaba yang mengkhususkan diri dalam menawarkan produk yang baik untuk lingkungan berjalan dengan sangat baik. Itu membuat bisnis hijau ini menjadi salah satu waralaba terbaik untuk dimiliki.

Waralaba Multimedia

Waralaba media, juga dikenal sebagai waralaba multimedia, merupakan waralaba yang memberikan lisensi untuk memonetisasi karya turunan seperti film, karya sastra atau novel, program televisi, atau permainan video game.

Contoh program televisi yang menjadi waralaba adalah American Idol, X Factor, sehingga muncul turunan sepeti Indonesian Idol, Australian idol, dan sebagainya. Sedangkan film yang menjadi waralaba misalkan Twilight, Fast and the Furious, The Matrix, Harry Potter, Marvel Comics, The Lord of the Rings, dan Transformers

Waralaba multimedia menyerahkan lisensi berupa kekayaan intelektual dalam bentuk karakter alur cerita, bahkan kontrak aktor yang memperagakannya.

Waralaba olahraga

Meskipun tidak begitu banyak membrikan keuntungan bagi pemiliknya, waralaba olahraga pantas kita bahas untuk menambah wawasan kita mengenai konsep bisnis waralaba. Waralaba olahraga biasanya dijalankan dengan membeli lisensi sebuah tim olahraga  yang memberikan hak kontraktual yang kepada sorang atau beberapa orang/investor untuk memiliki atau menjalankan sebuah klub olahraga. Biasanya pemilik klub akan mendapatkan keuntungan dengan cara menjual merchandise, menyewakan ruang iklan, program afiliasi, dan menerima donasi

Comments

  • rohamsi
    September 27, 2022 at 11:12 am

    bagus

  • Rika yulisa
    November 23, 2022 at 10:59 am

    Ingin mengetahui informasi lebih tentang makananya

Add a comment