Mengapa Merek Penting Bagi Bisnis Anda

Merek atau brand tidak hanya sekadar logo, simbol, lambang, atau kemasan. Ketika kita membahas apa itu brand atau merek, berarti kita membahas mengenai keseluruhan persepsi dari konsumen terhadap produk Anda. Dengan kata lain, merek adalah semua hal mulai dari logo, pengalaman berbelanja, kemasan, hingga perasaan yang dirasakan konsumen Anda.

Brand bukan sekedar apa yang Anda katakan pada konsumen, namun juga apa yang dikatakan konsumen Anda pada orang lain. Artinya, brand atau merek akan menjadi salah satu aspek penting dalam bisnis Anda. Mari kita lihat 10 alasan mengapa merek Anda penting:

Branding Menggambarkan Pengakuan Dari Konsumen Anda

Orang cenderung membeli produk dari perusahaan yang mereka kenali. Jika merek Anda konsisten dan mudah dikenali, hal ini dapat membantu orang merasa lebih nyaman saat membeli produk atau layanan Anda.

Merek Anda membantu membedakan Anda dari pesaing

Di pasar global saat ini, sangat penting untuk setiap perusahaan untuk memiliki nilai pembeda dari kompetitornya, dengan kata lain lain dari yang lain. Dengan akses yang semakin mudah, perusahaan Anda tidak lagi bersaing di kancah lokal, melainkan bersaing dalam ekonomi global. Bagaimana caranya Anda bisa menonjol dari ribuan atau jutaan perusahaan serupa di seluruh dunia?

Tentunya dengan memiliki merek yang kuat. Dengan merek yang kuat Anda bisa eksis di persaingan global meskipun produk Anda bersaing dengan raksasa global.

Merek Anda mewakili Anda dan janji Anda kepada pelanggan

Penting untuk diingat bahwa merek Anda mewakili bisnis Anda, Anda sebagai pemilik adalah merek, staf Anda adalah merek, materi pemasaran Anda adalah merek.  Merek Anda adalah sebuah janji atas kualitas yang akan mereka dapatkan jika membeli produk Anda.

Merek yang kuat Menambah nilai bisnis Anda

Merek yang kuat akan memberikan nilai bagi organisasi Anda jauh melampaui aset fisik Anda. Banyak perusahaan seperti Coca-cola, google, Apple, dan Facebook memiliki brand value yang jauh lebih berharga daripada aset fisik mereka, bisa dibilang mereka hampir tidak memiliki aset fisik.

Branding Dapat Mendatangkan Pelanggan Baru

Merek atau brand yang kuat dapat mendatangkan pelanggan baru melaui saran dari pelanggan lama Anda. Konsumen baru cenderung memilih produk Anda dari saran temannya karena biasanya orang berteman dengan seseorang yang memiliki kesamaan selera.

Itulah sebabnya meskipun teknologi sudah sangat canggih, pemasaran mulut ke mulut tetap jadi media pemasaran terbaik. Sebab kini tiap kali mereka membeli produk mereka akan memberikan ulasan mereka di sosial media. Satu pelnggan yang puas akan memberitahukan pada tiga temannya, sedangkan pelanggan yang kecewa akan memberitahukan seribu temannya.

Meningkatkan Kebanggan Karyawan

Karyawan yang bekerja pada perusahaan ternama yang memiliki merek yang bagus menunjukkan produktifitas dan semangat kerja yang tinggi. Penikmat brand atau merek bukan hanya konsumen Anda, melainkan semua orang yang berinteraksi dengan perusahaan Anda. Karyawan dengan performa yang baik akan memberikan layanan yang terbaik dan pada akhirnya memberikan citra yang baik pada merek Anda.

Branding membangun hubungan emosional

Merek Anda dapat terhubung secara mendalam dengan pelanggan, karyawan, dan masyarakat umum. Hubungan ini adalah proses bertahap yang terjadi seiring waktu, tetapi dimulai dengan membangun reputasi yang baik, dan akhirnya menemukan cara yang berkesan untuk berkomunikasi.

Seringkali, branding yang hebat datang dari perwujudan esensi merek Anda dengan cara yang tidak terduga. Misalkan Perusahaan Nike yang memberi hormat kepada pelari maraton yang menempati posisi terakhir.

Semua yang dilakukan Nike semuanya terbungkus menjadi satu pengalaman indah yang menyatukan berbagai audiens secara emosional. Nike berfokus pada pelari maraton terakhir dengan cara yang inspiratif dan dapat diterima, seluruh identitas merek mereka mengakrabkan semua audiencenya. Menggambarkan perjuangan calon atlet, yang berusaha menjadi yang terbaik yang dia bisa.

Branding Menjadi Kompas Perusahaan Menuju ke arah baru

Rebranding terjadi dalam banyak cara, dan pendekatan yang umum adalah memperkenalkan logo dan semangat baru. Microsoft juga membuat usaha rebranding selama bertahun-tahun dengan mengembangkan logo mereka. Rebranding sangat penting untuk keberlanjutan jangka panjang dari sebuah brand agar tetap relevan. Memiliki merek yang kuat dapat membantu memastikan keberhasilan bisnis Anda.

Merk Menjadi tujuan dan arah Perusahaan

Apa pun merek Anda, ada tujuan dan makna di baliknya. Merek yang hebat lebih dari sekadar logo, font, dan warna. Branding menghubungkan nilai-nilai normatif yang Anda dan konsumen Anda percayai. Keyakinan Anda akan memainkan peran besar dalam mengenalkan identitas merek Anda dan mengkomunikasikannya dengan orang lain.

Kita semua mendambakan sebuah pandangan akhir ke mana kita akan pergi, apa yang kita capai, itulah yang disebut dengan visi.

Sulit untuk membantah bahwa Steve Jobs adalah pemimpin bisnis yang paling berpengaruh di zaman modern ini. Seseorang yang visinya dapat mengubah cara kita berkomunikasi satu sama lain. Bagaimana dia melakukannya? Dengan mengarahkan semua orang yang bekerja padanya menuju visi yang sama yakni Think Different.

Jangan Pernah Meremehkan Pentingnya Branding

Merek adalah segalanya, maka dari itu jagalah citra dari brand Anda dengan menjaga semua aspek yang bersentuhan dengannya. Mulai dari pelayanan, kualitas produk, komunikasi dengan pelanggan, inovasi, dan pengalaman berbelanja.

Comments

mood_bad
  • No comments yet.
  • Add a comment