Halo sobat UKM !!!! Bagaimana usahanya ??? Di tengah pandemi seperti ini pasti ada saja ya hambatan – hambatan, tapi tenang aja sobat karena hampir semua pelaku usaha di Indonesia maupun dunia sedang mengalami penurrunan karena pengaruh adanya pandemi. Untuk itu mimin akan kasih informasi mengenai manajemen SDM agar UKM yang dijalankan oleh sobat dapat tetap terus berjalan ditengah kesulitan. Mengingat UKM memiliki peran tinggi terhadap perekonomian negara kita. Untuk itu kita sama – sama yuk membangun UKM lebih baik dengan memberikan peningkatan SDM. Karena tanpa adanya Sumber Daya Manusia (SDM) UKM tidak akan berjalan dengan semestinya. Dalam membangun SDM terdapat langkah – langkah yang mungkin sobat bisa ikuti :
Sejak awal mendirikan usaha, sobat perlu memperhitungkan orang-orang yang punya potensi dan kemampuan membangun usaha yang sobat jalani untuk pertama kali, mereka bisa disebut sebagai founding team. Founding team merupakan sekumpulan orang yang mengawali sebuah bisnis dengan kemampuan berbeda sehingga bisa saling melengkapi. Tentukan maksimal 2 orang terbaik yang sobat kenal, pilihlah rekan yang punya tujuan yang sama, komitmen, semangat dan tekad yang kuat, sampai kepercayaan satu sama lain.
2. Merekrut karyawan baru dengan selektif
Aspek kedua setelah sobat membentuk founding team adalah membangun tim kerja. Ketika sudah banyak bidang yang harus dikerjakan untuk menjalankan dan mengembangkan usaha, perlu dilakukan proses rekrutmen karyawan baru. Lakukan seleksi dengan menyesuaikan kebutuhan perusahaan sobat, baik jumlah dan posisinya. Seleksi dilakukan bukan hanya dengan menilai aspek kompetensi namun juga attitude calon karyawan. Pilihlah calon karyawan yang punya keterampilan dan karakter yang baik, kombinasi kedua aspek tersebut akan menghasilkan karyawan yang mampu berkontribusi besar untuk UKM sobat.
3. Memberi pelatihan SDM
Modal yang besar memang menjadi hal yang penting untuk membangun sebuah usaha, namun yang tidak kalah penting ialah kehadiran karyawan sebagai roda penggerak UKM sobat. Bekali karyawan sobat dengan pelatihan untuk meningkatkan kompetensi kerja, menghasilkan SDM yang terlatih dan terdidik. Dengan begitu mereka akan mampu menghasilkan produk dan inovasi yang mendukung perkembangan bisnis UKM sobat.
4. Menyusun Standar Operasional Perusahaan (SOP)
Tanamkan prinsip dan keyakinan usaha sobat akan semakin besar dan berkembang kedepannya. Buatlah aturan, prosedur dan kebijakan yang berlaku untuk seluruh karyawan di UKM sobat. SOP bertujuan bukan hanya untuk mengatur kegiatan operasional tetapi juga menjadi pedoman untuk menjaga konsistensi dan kedisiplinan karyawan terkait aspek produksi, SDM maupun pemasaran.
5. Membangun keterlibatan tenaga kerja
Karyawan lebih banyak menghabiskan waktu harian mereka di lingkungan kerja, jadi berikan mereka kenyamanan selain gaji yang memang sudah jadi kewajiban. Perusahaan yang memberikan kesempatan karyawannya untuk terlibat aktif, mendengar setiap masalah dan aspirasi mereka cenderung bertahan lebih lama dan loyal. Manajemen SDM dengan mengikutsertakan karyawan dalam setiap aktivitas perusahaan berdampak pada efisiensi dan produktivitas kerja.
6. Pemberian remunerasi yang masuk akal
Tidak bisa dipungkiri upah atau gaji menjadi hal yang mendukung kepuasan karyawan, bahkan mampu mempengaruhi hasil kerja. Berikan gaji sesuai standar pada posisi yang sama atau sesuai UMR. Jika ingin memberi upah lebih besar pertimbangkan dulu performance dan kontribusinya bagi UKM sobat.
7. Melakukan evaluasi manajemen SDM
Langkah terakhir yang dilakukan sebagai bagian dari manajemen SDM bagi bisnis UKM adalah evaluasi kinerja. Proses ini penting untuk mengetahui performa setiap karyawan selama periode tertentu, bentuknya bisa berupa diskusi maupun laporan langsung. Tugas sobat adalah mempelajari hasil kerja masing-masing karyawan. Berikan apresiasi bagi karyawan yang telah sampai atau melampaui ekspektasi dengan tujuan memotivasi kinerjanya agar semakin baik lagi.
Itu dia beberapa langkah awal manajemn SDM semoga informasi yang disampaikan dapat bermanfaat ya sobat.
Sumber : https://www.topkarir.com/article/detail/langkah-awal-manajemen-sdm-untuk-kesuksesan-ukm