Persaingan antara produk lokal UKM dengan produk impor masih kerap terjadi di Indonesia. Banyak pelaku UKM yang mengeluhkan kurang lakunya produk lokal karena kalah saing dan kurang diminati di pasaran lokal. Padahal, jika dilihat lebih lanjut, banyak produk lokal yang memiliki kualitas yang lebih baik dibandingkan dengan produk impor. Tetapi mengapa hal ini masih terjadi? Kemungkinan hal ini terjadi karena kurangnya branding pada produk lokal.
Branding adalah salah satu bentuk pemasaran dalam menciptakan sebuah brand identity yang berbeda dengan yang lain sehingga mudah diidentifikasi dan diingat oleh masyarakat. Tujuan dari melakukan branding yaitu untuk membangun citra dan reputasi perusahaan yang positif sehingga mendapatkan kepercayaan dari pelanggan. Oleh karena itu, branding untuk suatu usaha khususnya UKM menjadi sangat penting dalam kemajuan bisnisnya. Berikut tips-tips untuk membangun branding produk UKM yang bisa Anda terapkan untuk memajukan bisnis.
1.Ciptakan Identitas yang Otentik dan Orisinil
Branding produk untuk UKM akan berhasil jika Anda memiliki pembeda dengan kompetitor sehingga identitas usaha bersifat otentik dan orisinil. Selain itu, jangan lupa untuk menambahkan identitas usaha yang unik sehingga usaha lebih mudah diingat dan dikenal oleh masyarakat luas.
2. Buat Desain Identitas Usaha yang Detail dan Khusus
Tampilan desain yang menarik akan membuat produk dan usaha menjadi dikenal oleh masyarakat luas. Dengan memperhatikan komponen-komponen terkecil seperti pemilihan warna dan font dalam pembuatan logo, desain kemasan yang trendy, ataupun desain kartu nama usaha. Hal-hal tersebut akan menunjang usaha Anda menjadi lebih profesional dan kredibel.
3. Menyusun konten yang sesuai dengan Identitas Usaha
Di era digital, setiap pelaku usaha khususnya UKM wajib memiliki media sosial dan website sebagai salah satu media promosi dan pemasaran usaha. Sebaiknya website dan media sosial haruslah aktif dan rajin dalam mengunggah konten promosi mengenai usaha dan produk-produk yang dijual.
4. Membangun ruang produksi terbuka
Dengan adanya ruang produksi yang terbuka akan menambah nilai lebih bagi usaha karena Anda dapat langsung membuktikan keaslian dari produk yang diproduksi. Pelanggan juga bisa mendapatkan pengetahuan dan informasi terkait kelebihan dan keunggulan produk Anda dibandingkan dengan produk kompetitor. Langkah ini akan membangun branding yang kuat dan salah satu strategi promosi kepada pelanggan.
Itulah tips-tips yang akan membantu Anda dalam membangun branding yang baik untuk menunjang kemajuan usaha sehingga UKM dapat dikenal oleh masyarakat secara luas. Hal ini juga akan berpengaruh dari segi penjualan dan keuntungan.