Konsumen saat ini jauh lebih pintar dan selektif ketika akan melakukan pembelian. Mereka akan mencari informasi produk dan membandingkannya dengan produk lain sebelum memutuskan akan membeli. Mayoritas dari pencarian itu akan terjadi melalui search engine atau mesin pencari.
Memanfaatkan aktivitas ini, kini mesin pencari tidak hanya sebagai gudang informasi tetapi juga wadah untuk promosi. Search engine marketing atau dapat disingkat menjadi SEM adalah istilah yang dipakai.
SEM adalah bentuk pemasaran di internet untuk meningkatkan visibilitas website di halaman hasil mesin pencarian melalui kegiatan promosi website. Atau dengan kata lain “membeli” traffic dengan membayar mesin pencarian seperti Google. Metode ini dianggap efektif karena dapat menempatkan website Anda di halaman pertama dalam mesin pencarian.
Namun layaknya konsumen, Anda sebagai pemilik bisnis pun harus cukup cerdas ketika ingin memilih metode ini. Sebagai referensi, berikut Jurnal merangkum poin-poin kelebihan dan kekurangan SEM ketika diaplikasikan pada bisnis Anda.
Tidak ada yang meragukan keterjangkauan search engine yang begitu luas. Setiap informasi yang diunggah benar-benar mampu dilihat oleh audiens hampir di seluruh dunia. Google, search engine terpopuler, saat ini mampu menyebarkan info dari 1,9 miliar situs website dengan 400 juta pencarian per hari oleh lebih dari 90,4% pengguna internet dunia.
Informasi pemasaran Anda tentu tidak mencapai angka sebanyak ini. Namun Anda bisa memperkirakan betapa banyak orang yang mungkin Anda jangkau. Semakin Anda terlihat oleh audiens, semakin banyak peluang untuk mendapatkan konsumen baru. Dan SEM mempunyai layanan ini untuk Anda.
Keunggulan SEM lain yang bisa Anda dapatkan adalah bisa ditargetkan. Pemasaran dengan search engine memberi keleluasaan pada Anda untuk memilih target yang sangat spesifik melalui kata kunci dan frasa yang relevan. Selain itu Google Adwords memungkinkan Anda menargetkan berdasarkan perangkat, lokasi, waktu, dan bahasa tertentu.
Dengan demikian, setiap klik yang didapatkan dari website Anda berasal dari audiens yang memang menyukai serta membutuhkan produk Anda dan sangat berpotensi menjadi konsumen.
SEM membuat website pemasaran Anda berada pada urutan teratas di mesin pencarian. Keterjangkauan dari penglihatan audiens ini akan meningkatkan peluang website Anda dibuka dan konten Anda dinikmati.
Search engine marketing mengadopsi sistem pay per click (PPC) yakni Anda hanya membayar konten yang benar-benar mendapat klik dari audiens. Dengan sistem ini Anda bisa menggunakan biaya pemasaran dengan lebih bijak dan tentu lebih efisien.
Sistem ini membuat SEM lebih murah dibandingkan iklan tradisional di televisi, radio, koran dan majalah serta lebih tepat sasaran.
Ketika Anda memutuskan melakukan pemasaran dengan teknologi, akan ada data yang diberikan untuk memudahkan Anda mengukur kinerja. Begitupun ketika Anda melakukan pemasaran menggunakan mesin pencari. Data-data ini nantinya dapat disesuaikan dengan tujuan pemasaran Anda untuk mengetahui apakah konten tersebut bekerja secara efektif atau tidak.
Anda juga dapat melacak ROI sehingga diketahui dimana seharusnya Anda meletakkan sebagian besar anggaran untuk meningkatkan penjualan.
Tentunya Anda tidak mengetahui apakah nantinya konten promosi yang dibuat akan berhasil atau tidak. Namun tidak perlu khawatir, karena dalam metode ini Anda dapat menguji materi iklan Anda satu sama lain untuk membandingkan hasil.
Pengujian ini akan memberi Anda kesempatan untuk menyempurnakan konten promosi Anda dan membuatnya bekerja seefektif mungkin.
Mesin pencari berisi milyaran informasi termasuk informasi yang sama seperti yang ingin Anda berikan. Apalagi jika kata kunci yang digunakan cukup populer. Maka bersiaplah dengan persaingan yang tinggi untuk mendapatkan tempat teratas. Hal ini sebenarnya bisa diupayakan. Namun butuh biaya lebih besar agar upaya pemasaran Anda berdampak pada audiens.
Dibutuhkan lebih banyak waktu daripada yang Anda sadari untuk meneliti kata kunci yang benar-benar ampuh. Selain itu perangkat dan aplikasi yang digunakan memiliki begitu banyak fitur sehingga perlu waktu untuk mempelajarinya.
Ditambah lagi metode ini mengharuskan Anda untuk memantau dan memperbaharui materi konten Anda secara konstan. Padahal diperlukan waktu untuk mengetahui kombinasi teks promosi, meninjau hasil dan menguji materi tersebut untuk mempertahankan hasil terbaik.
Perubahan algoritma menjadi tantangan yang kerap ditemui ketika mengaplikasikan metode SEM. Seperti yang diketahui Google mengubah algoritma hingga 600 kali pertahun. Sebagian besar perubahan tersebut berskala kecil sehingga tidak disadari.
Dibutuhkan banyak usaha untuk mengikutinya, karena perubahan-perubahan tersebut berpengaruh pada pemasaran Anda dan bisa jadi tidak cocok.
Audiens saat ini cenderung menyukai konten yang berisi gambar dan video. Sementara itu untuk iklan menggunakan SEM masih jarang ditemukan visual seperti ini. Untuk Anda yang pemasarannya sangat membutuhkan konten visual, mungkin bisa berpikir lagi untuk menggunakan metode ini karena bisa jadi kurang relevan.
Audiens juga cenderung menghindari iklan. Apabila mereka mengetahui bahwa artikel, caption, foto, video atau audio Anda merupakan sebuah iklan, ada banyak yang berusaha keluar dari lam an tersebut. Atau memang audiens tersebut sedang mencari hasil tertentu dan tidak ingin diganggu oleh iklan.
Sementara itu, jika Anda menggunakan metode pemasaran dengan mesin pencari, secara otomatis kotak hijau bertanda “AD” akan tersemat padanya. Ini yang membuat konten pemasaran melalui mesin pencari kerap dihindari.
Salah satu manfaat dari SEM adalah konten Anda akan segera tampil dan berada di baris atas pencarian. Namun hal tersebut akan segera menghilang jika Anda berhenti membayar.
Kekurangan ini berhubungan dengan poin sebelumnya. Anda mungkin dapat menghemat dengan membayar berdasarkan klik yang diterima. Akan tetapi, ini juga yang menjadi celah untuk pemborosan biaya.
Anda akan ditagih setiap kali audiens memutuskan untuk mengklik website tersebut. Hal ini sebenarnya bisa dihentikan. Namun ketika Anda berhenti membayar, brand Anda pun akan menghilang.
Dengan mengetahui poin-poin di atas, diharapkan Anda dapat mengetahui apakah SEM adalah metode terbaik untuk bisnis Anda. Namun untuk pengelolaan keuangan bisnis terbaik tetap Jurnal pilihannya.
Fadhilah
April 14, 2022 at 5:02 pmWah artikel yang sangat insightful tentang SEM yang merupakan salah satu strategi digital marketing . Strategi tersebut dapat dijadikan satu cara dalam membangun hubungan dengan pelanggan. Strategi tersebut juga dapat dimudahkan dan diotomatiskan dengan software CRM yang dapat terintegrasi oleh banyak platform.
Bonaeducation
November 18, 2022 at 1:13 pmTerima kasih atas penjelasan tentang SEM. Informasi tentang SEM dapat Anda dapatkan pada artikel pendidikan berikut ini.