Hindari Stres Sebagai Pengusaha UKM, Begini Tipsnya!

Sebagai Pengusaha UKM, banyak orang percaya bahwa dalam menjalani keseharian sebagai pelaku usaha seringkali mereka merasakan kebebasan yang tidak bisa mereka peroleh ketika menjadi pekerja kantoran. Dalam beberapa kasus hal ini dinilai benar, tapi tidak menutup kemungkinan seorang pengusaha itu akan memiliki tanggung jawab dan tuntutan yang jauh lebih berat dibandingkan pegawai kantoran. Terkadang dalam menjalani bisnis, fokus yang terlalu diforsir dapat berdampak pada kesehatan tubuh secara umum, bahkan juga kesehatan mental.

Pada penelitian yang telah dilakukan oleh Dr. Michael Freeman, seorang psikiater spesialis kesehatan dan penyakit mental dalam dunia bisnis dan kewirausahaan menunjukkan bahwa 49% dari 242 pengusaha bisnis menyatakan memiliki satu atau lebih kondisi kesehatan mental seumur hidup. Selain itu, pengusaha bisnis juga memiliki kemungkinan yang lebih tinggi untuk menderita depresi seumur hidup sebanyak 30%, gangguan defisit hiperaktif 29%, gangguan spektrum bipolar 12%, dan penyalahgunaan zat terlarang seperti narkoba sebanyak 11%. 

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh Freeman, seharusnya dapat memunculkan kesadaran bagi para pengusaha untuk memperhatikan dan melakukan perbaikan pada kesehatan mental. Dalam menjalani sebuah bisnis, Anda harus ingat bahwa semakin tinggi Anda mendaki, maka resiko yang akan dipertimbangkan juga semakin dalam Anda akan jatuh. 

Anda adalah aset terpenting dalam bisnis yang Anda jalani. Perhatikan jiwa Anda untuk bisa mengelola stress dan menjaga kesehatan mental secara utuh. Hanya Anda yang mengetahui kemampuan dan kesadaran akan kesehatan mental. Penuhi tantangan dalam memimpin bisnis untuk menuju sukses dengan mengelola stress dan kesehatan mental. 

Yuk simak beberapa tips dan trik untuk mengelola stess dan menjaga kesehatan mental Anda sebagai pengusaha UKM dibawah ini !

1. Jangan terlalu mengagungkan kesibukan

Secara tidak sadar, mungkin beberapa kali Anda telah mengatakan bahwa Anda sibuk. Apakah Anda sudah berusaha untuk mengurangi kesibukan Anda? Atau malah sebenarnya Anda yang terlalu membebani diri sendiri dengan terlalu banyak pekerjaan?

Dalam dunia bisnis seperti startup ataupun wirausaha, mempunyai suatu kesibukan yang berlebihan justru di nilai keren, padahal justru jika berlebih itu tidak baik. Cobalah lakukan pendelegasian. Tidak semua beban yang ada pada bisnis yang Anda jalani harus ditopang dalam pundak Anda.

2. Memecah Pekerjaan

Kita semua mempunyai banyak tujuan bisnis yang ingin dicapai. Dalam mencapai tujuan bisnis tersebut, banyak langkah yang harus dilakukan. Seringkali Anda pasti mengalami kecemasan atas pemikiran yang berantakan terkait bisnis Anda kedepan.

Salah satu tips agar pikiran Anda lebih teratur dan efisien, maka pecahlah pekerjaan Anda menjadi beberapa bagian. Contohnya, jika Anda mengerjakan satu pekerjaan, maka fokuslah pada satu pekerjaan tersebut sampai selesai dalam periode waktu tertentu. Misalnya satu hari, satu minggu, atau satu bulan. Setelah itu, baru Anda bisa merencanakan untuk mengerjakan bagian yang lain.

3. Menyempatkan Waktu Untuk Beristirahat

Menyempatkan waktu untuk istirahat itu penting untuk diperhatikan. Contohnya adalah waktu tidur, seringkali karena terlalu mengagungkan kesibukan Anda sampai kehilangan waktu tidur. Memberikan jeda pada pikiran dan tubuh Anda bukan hanya bermanfaat agar hidup berjalan seimbang, tapi juga memicu untuk memunculkan ide-ide segar. 

Beristilahatlah sejenak secara berkala disepanjang hari. Anda bisa mengambil waktu libur setidaknya satu minggu sekali. Bukan berarti membuang-buang waktu, tapi dengan waktu istirahat yang cukup maka Anda akan kembali dengan lebih produktif dan mampu menggunakan waktu dengan lebih baik lagi.

4. Menjaga Kesehatan Jiwa

Anda bisa melakukan perawatan tubuh dari dalam secara teratur untuk mengelola stress, kecemasan, dan kesehatan mental. Beberapa kegiatan yang bisa dilakukan seperti yoga, meditasi, atau menulis jurnal.

Yoga adalah salah satu alternatif olahraga yang bisa dilakukan untuk menenangkan kecemasan, dan memberikan rasa bahagia sesudahnya. 

Kegiatan lainnya yaitu meditasi. Dengan melakukan meditasi juga dapat meredakan kecemasan, stress, dan secara umum dapat meningkatkan kesehatan mental dan emosional. Saat melakukan meditasi, pikiran dan tubuh Anda akan terasa lebih tenang dan rileks. Sehingga nantinya akan membawa dampak untuk memunculkan ide-ide cemerlang.

5. Redakan Stress Secara Rutin

Jangan menunggu stress Anda menumpuk dan bisa meledak disuatu waktu tertentu. Cobalah untuk meredakan stress yang Anda alami secara rutin setiap harinya. 

Misalkan dalam sehari Anda telah berkutat penuh menguras pikiran dan energi untuk bisnis, maka gunakan waktu malam hari untuk melakukan hal-hal yang menyenangkan. Bisa dimulai dari hobi seperti menonton film, bermain musik, atau hal-hal lain yang bisa membantu pikiran menjadi lebih tenang dan nyaman. Dengan menjaga mental Anda, berarti Anda juga menjaga mental bisnis Anda.

Itulah beberapa tips dan trik yang bisa Anda terapkan untuk mengelola stress dan menjaga kesehatan mental sebagai pengusaha UKM. Semoga bermanfaat.

Comments

  • No comments yet.
  • Add a comment