Cara Menjual Produk Perdana Anda

Anda sudah memiliki produk untuk dijual, namun Anda masih ragu metode apa yang paling efektif dan efisien dalam menawarkan produk Anda kepada konsumen. Mengingat produk Anda adalah produk baru yang belum dikenal konsumen. Apalagi Anda juga belum memiliki pengalaman dan anggaran yang besar untuk beriklan.

Untuk itu pada kesempatan kali ini kami coba hadirkan beberapa metode paling efktif untuk menjual produk perdana Anda.

Menjual di Situs Web E-Commerce

Terlepas dari apa yang Anda jual, Anda memerlukan kehadiran web untuk tetap kompetitif dan tampak profesional. Situs web yang dirancang secara profesional memungkinkan Anda untuk menjual produk yang Anda miliki secara lebih efisien dan mudah dijangkau oleh konsumen Anda di seluruh dunia 24 jam.

Selain itu Anda akan memiliki keleluasaan dalam menentukan desain, tata letak, navigasi, yang mempengaruhi kenyamanan pelanggan saat berbelanja di situs ecommerce Anda.

Menjual di Platform E-Commerce Pihak Ketiga

Membuat sendiri situs e-commerce butuh waktu, tenaga, dan uang yang tidak sedikit. Jika Anda belum siap untuk berinvestasi di situs web milik Anda sendiri, Anda dapat menggunakan platform e-commerce lain untuk menjual produk Anda.

Pasar online seperti Facebook marketplace, shopee, tokopedia (goto), dan aplikasi lainnya bisa Anda gunakan untuk menjual produk Anda. Jika Anda mau menjual produk Anda di pasar luar negeri Anda bisa gunakan Ebay, Amazon, ataupun Etsy.

Menggunakan platform pihak ketiga adalah metode yang bagus untuk menjual produk Anda dengan anggaran awal yang kecil. Situs ini memiliki rekening bersama yang sudah dipercaya masyarakat Indonesia akan keamanannya dalam bertransaksi.

Kekurangannya adalah, Anda tidak bisa langsung menarik uang Anda sehingga arus keuangan Anda agak macet beberapa hari. Selain itu Anda tidak bisa menutupi data penjualan Anda sehingga besar kemungkinan produk yang Anda jual akan ditiru pesaing.

Toko Fisik

Memiliki toko fisik adalah mimpi bagi banyak pengusaha, dan jika Anda dapat menemukan lokasi yang bagus, toko fisik dapat berfungsi sebagai tempat menjual sekaligus sebagai etalase untuk memamerkan produk Anda. Anda dapat memanfaatkan etalase toko Anda sebagai media branding.

Menjual Produk Anda di Toko Retail

Pernah bertanya-tanya bagaimana produk baru bisa dijual di toko retail besar seperti Indomart atau swalayan lainnya? Caranya sangat sederhana. Sesederhana mengisi formulir vendor untuk memberi tahu bahwa produk Anda layak dijual sebagai mitra bisnis mereka. Jika produk Anda tampak seperti produk yang meyakinkan, perusahaan ritel akan menghubungi Anda.

Ini merupakan peluang yang luar biasa karena produk Anda akan dilihat oleh jutaan pelanggan mereka di toko fisik dan online. Selain itu tentu saja orderan akan semakin banyak seiring waktu dan perkembangan permintaan dari toko retail lainnya yang ikut memesan produk Anda.

Menggunakan Iklan Berbayar

Menggunakan iklan berbayar atau pay per click di google atau facebook ads dapat membantu mengarahkan pelanggan ke situs web Anda. Sesuai dengan namanya, Anda hanya membayar ketika seseorang mengklik iklan, inilah hal yang menjadikan metode ini hemat biaya. Selanjutnya Anda harus mengatur situs web Anda sedemikian rupa sehingga dapat meyakinkan prospek untuk membeli produk Anda.

Pengoptimalan Mesin Pencari (SEO)

Selain menggunakan iklan berbayar, ada cara lain agar bisnis Anda dapat dengan mudah ditemukan di dunia maya. Yakni dengan menggunakan metode Pengoptimalan Mesin Pencari atau search engine optimization (SEO).

Optimisasi mesin pencari dilakukan agar dapat mendorong algoritme Google untuk mengidentifikasi artikel pada situs Anda relevan untuk kata kunci dan topik tertentu. Jika berhasil, situs web Anda dapat berada pada peringkat tinggi di halaman hasil pencarian dan audiens target Anda dapat dengan mudah menemukan produk Anda.

Proses SEO mencakup usaha dalam menyisipkan kata kunci atau keyword kedalam judul, judul, meta deskripsi, teks alternatif gambar, artikel, dan seluruh konten pada halaman situs Anda. SEO yang baik memerlukan konten segar yang berkualitas secara reguler.

Pemasaran Media Sosial

Memiliki situs web memungkinkan Anda menjual produk Anda melalui situs pribadi Anda. Namun kehadiran media sosial memungkinkan Anda terhubung dengan pembeli dengan cara yang lebih personal dan autentik.

Pemasaran media sosial memungkinkan Anda untuk menampilkan nilai-nilai inti perusahaan Anda, mendapatkan loyalitas, dan membangun reputasi atau brand Anda dengan cara yang positif.

Kualitas konten yang Anda posting di media sosial membuat perbedaan besar dalam cara orang melihat merek Anda. Pastikan gambar yang Anda gunakan terlihat memukau, Anda juga bisa menggunakan iklan agar konten Anda dapat menjangkau banyak konsumen.

Pemasaran gerilya

Jika beriklan masih terlalu mahal untuk Anda, cobalah pelajari siasat pemasaran gerilya. Contohnya Red Bull Energy Drink. Karena pangsa pasar energy drink di New York sangatlah ketat, dan Red Bull pada saat itu belum memiliki anggaran yang besar untuk beriklan, akhirnya mereka membuat sebuah rencana brilian.

Mereka mengisi bak sampah di setiap jalan di Kota New York dengan botol Red Bull kosong, sehingga memberikan kesan bahwa ada produk baru yang laris dikonsumsi oleh masyarakat New York. Akhirnya konsumen hingga distributor mencari produk ini dan menghantarkan Red Bull sebagai energy drink terlaris di dunia.

Cara pemasaran gerilya ala Red Bull ini bisa Anda coba, kuncinya adalah kreatifitas dan pemahaman yang mendalam akan psikologi massa.

Comments

  • No comments yet.
  • Add a comment