Cara Mengelola Keuangan untuk Bisnismu

Saat memulai bisnis, ada hal-hal yang perlu Sobat UKM pertimbangkan untuk mengatur keuangan kamu, seperti pembukuan, pembayaran, dan anggaran. Berikut tips-tips untuk mengatur keuangan kamu untuk menjaga bisnis kamu.

1. Rencanakan Keuangan yang Matang

Sebelum kamu memutuskan untuk memulai sebuah bisnis hal pertama yang harus dilakukan adalah merencanakan keuangan kamu dengan matang. Kamu harus tau hal apa saja yang kamu butuhkan untuk mengembangkan usaha kamu sehingga kamu akan memiliki gambaran dana yang akan kamu butuhkan.

2. Siapkan Rekening Bank untuk Bisnis Kamu

Jika kamu seorang pebisnis tunggal, kamu secara hukum tidak harus memiliki rekening bank terpisah untuk bisnis kamu. Kamu dapat menggunakan akun pribadi kamu. Namun, untuk melacak pendapatan dan pengeluaran bisnismu dengan mudah, pertimbangkan untuk membuka akun bisnis secara terpisah.

Jika bisnis kamu beroperasi sebagai kemitraan, perusahaan, atau perwalian, maka Anda harus memiliki rekening bank bisnis terpisah untuk keperluan pajak.

3. Pisahkan Dana Pribadi dan Bisnis

Memisahkan dana pribadi dan bisnis kamu dapat membantu kamu untuk mengetahui apakah bisnis yang kamu jalankan mengalami keuntungan atau sebaliknya. Hal ini juga dapat memudahkan kamu untuk membuat laporan keuangan dan tidak mengganggu arus kas bisnis kamu.

4. Siapkan Sistem Pembukuan

Ada banyak macam produk pembukuan manual dan elektronik yang cocok untuk bisnis kamu. Jika kamu berencana untuk mempekerjakan seorang profesional keuangan, bicarakan dengan mereka tentang produk yang paling sesuai dengan sistem mereka.

5. Siapkan Anggaran

Mempersiapkan anggaran yang menguraikan perkiraan pendapatan dan pengeluaran kamu per bulannya dapat membantu kamu untuk mengelola arus kas saat memulai dan menjalankan bisnis kamu.

6. Jenis Pembayaran dan Format Faktur

Kamu juga harus memutuskan syarat pembayaran dan jenis pembayaran yang dapat digunakan oleh pelanggan kamu. Anda mungkin juga perlu menyiapkan format faktur dan tanda terima untuk diberikan kepada pelanggan kamu saat menjual barang dan jasa.

Penting untuk memberikan faktur yang benar untuk barang dan jasa kamu. Pastikan untuk menyertakan tanggal jatuh tempo yang jelas dan tindak lanjuti pembayaran yang terlambat. Jika bisnis kamu menyediakan langganan atau keanggotaan, pertimbangkan untuk menyiapkan sistem pembayaran otomatis atau debit langsung. Ini akan meminimalisir kerumitan dalam pembayaran.

7. Kelola Arus Kas

Lacaklah uang yang masuk dan keluar dari bisnis kamu. Cara mudah untuk melakukannya adalah dengan menggunakan laporan arus kas. Laporan arus kas memungkinkan kamu untuk melacak pendapatan dan merencanakan pengeluaran kamu. Ini dapat memudahkan kamu untuk melakukan perencanaan ke depan dan membuat kamu merasa nyaman mengetahui bahwa kamu akan memiliki uang untuk membayar tagihan-tagihan kamu.

8. Siapkan Dana Darurat

Sudah menjadi rahasia umum kalau menjalankan sebuah usaha tidak akan selamanya berjalan lancar seperti yang sudah direncanakan. Tentu akan ada berbagai permasalahan yang akan kamu alami. Kamu bisa mengantisipasi hal tersebut dengan memiliki dana darurat. Dana darutat ini bisa kamu pergunakan jika terjadi kerugian dalam usaha yang kamu jalani. Dana darurat ini akan menjaga bisnis kamu tetap stabil dan kamu masih akan tetap bisa menjalankan bisnis tersebut.

Itulah 8 cara yang bisa kamu terapkan pada bisnis kamu untuk mengelola keuanganmu. Semoga dapat bermanfaat!

Sumber:

https://www.jurnal.id/id/blog/mengelola-keuangan/

https://www.bfi.co.id/id/blog/9-cara-mengelola-keuangan-usaha-yang-didapat-dari-pinjaman

Comments

  • No comments yet.
  • Add a comment