Cara Mendaftarkan Usaha Anda dan Manfaatnya

Tahukah Anda bahwa di Indonesia telah terdapat lebih dari 64 juta UMKM yang sudah beroperasi? Namun kebanyakan dari UMKM tersebut belum mendaftarkan bisnisnya ke lembaga kementerian UKM. Padahal ada banyak sekali manfaat yang didapat apabila UMKM ini terdaftar sebagai institusi resmi atau legal.

Bodybuilding, the world of weights: a memory of the past suhagra 100 for sale bodybuilding and gymnastics: equipment and equipment france amiens and picardy company.

Contoh keuntungannya misalkan mendapatkan perlindungan untuk beroperasi di lokasi tertentu, dapat mengakses permodalan dengan mudah, mendapatkan akses program/keringanan prosedur/diskon biaya layanan perizinan dari pemerintah, dan bisa juga mendapatkan bantuan permodalan dari pemerintah.

Jenis Pendaftaran Usaha

Apa saja jenis pendaftaran usaha yang harus Anda ketahui sebelum memulai usaha? Berikut ini beberapa macamnya.

Ijin Usaha Mikro Kecil

Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK) adalah sebuah perijinan yang membuktikan bahwa usaha Anda telah beroperasi di suatu wilayah di bawah lembaga BKPM (Badan Koordinasi Penanaman Modal). Yang mana skala usaha Anda berada dalam skala mikro atau kecil.

Kriteria usaha dalam skala mikro menurut Undang-Undang No.20/2008 adalah jika Anda memiliki aset bersih sebesar 50 juta rupiah tidak termasuk tanah dan bangunan, atau memiliki omzet tahunan maksimal 300 juta.

Kriteria usaha dalam skala kecil menurut Undang-Undang No.20/2008 adalah jika Anda memiliki aset bersih lebih dari 50 juta- 500 juta rupiah tidak termasuk tanah dan bangunan, atau memiliki omzet tahunan maksimal 2,5 Milyar.

Anda bisa mendapatkan Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK) sebagai usaha perseorangan secara gratis dan dapat digunakan berlaku seumur hidup .

Untuk bisa mendapatkan Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK) Anda dapat mendaftarkan usaha Anda melalui metode online ataupun offline.

Cara pendaftaran Online:

  • Memiliki KTP dan NPWP
  • memiliki Nomor Induk Berusaha (NIB)
  • Mengunjungi situs https://oss.go.id/portal/
  • Verifikasi email untuk memastikan email Anda aktif
  • Mengisi data pada formulir online

Jika proses telah selesai Anda dapat langsung mengunduh surat IUMK Anda

Cara pendaftaran Offline

  • Mempersiapkan KTP dan NPWP
  • Mendatangi Kantor Kecamatan
  • Mengisi formulir Pendaftaran dengan lengkap
  • Meminta tanda tangan camat sebagai pengesahan

Jika Anda sudah memiliki IUMK, Anda akan mendapatkan perlindungan hukum dan kesempatan untuk memperbesar skala usaha Anda.

Cara mendapat Surat Keterangan Usaha (SKU)

Surat Keterangan Usaha (SKU) adalah surat sebagai bukti bahwa Anda benar-benar memiliki usaha di sutu wilayah tertentu. Surat ini dapat digunakan sebagai syarat dalam pengajuan permohonan pinjaman atau syarat mengikuti program pemerintah.

Untuk mendapatkan SKU Anda harus datang ke Kantor Kelurahan atau Kecamatan setempat sembari membawa beberapa persyaratan seperti KTP , KK, atau syarat lain sesuai dengan aturan daerah setempat. Kemudian setelah Anda mendatangi Kantor Kelurahan atau Kecamatan setempat Anda akan diwajibkan mengisi formulir untuk kemudian ditandatangani oleh Lurah dan atau Camat sebagai bukti sah.

Sertifikat Register UMKM

Sertifikat Register UMKM merupakan surat yang membuktikan kepmilikan usaha dan menunjukkan lokasi usaha sesuai dengan keterangan pemohon. baik perseorangan maupun badan usaha/badan hukum boleh mendaftar. Dengan syarat memiliki omzet tahunan maksimal Rp 50 miliar.

Untuk mendapatkan Sertifikat Register UMKM Anda memiliki dokumen seperti KTP , KK, NPWP, dan dokumen perizinan lain, Anda bisa mendaftar online dengan mengunjungi situs https://oss.go.id/portal/ dan mengisi data pada formulir yang disediakan. Data Anda akan diverifikasi oleh Kementerian Koperasi dan UKM dalam rentang waktu 2 X 24 jam. Setelah proses selesai Anda sudah dapat mengunduh Sertifikat Register UMKM.

Dengan Sertifikat Register UMKM, Anda dapat menikmati layanan dari pemerintah seperti mendapatkan perlindungan untuk beroperasi di lokasi tertentu, dapat mengakses permodalan dengan mudah, mendapatkan akses program/keringanan prosedur/diskon biaya layanan perizinan dari pemerintah, dan bisa juga mendapatkan bantuan permodalan dari pemerintah.

Manfaat Mendaftarkan Bisnis

Ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan apabila Anda mendaftarkan bisnis Anda secara legal, beberapa manfaat diantaranya adalah,

Pendanaan untuk Bisnis

Pendanaan dalam bentuk hutang atau modal kerja merupakan persyaratan penting untuk bisnis apa pun. Untuk badan usaha yang tidak terdaftar tidak mungkin baginya untuk bisa mendapatkan suntikan dana dari bank atau investor.

Karena sebagian besar bank dan lembaga keuangan lebih suka meminjamkan kepada badan usaha yang terdaftar. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk mendaftarkan bisnis jika ada rencana untuk meningkatkan kekuatan modal atas nama bisnis.

Memenuhi Kriteria Pembeli

Sebagian besar bisnis besar selektif dalam memilih pemasok. Mereka cenderung lebih memilih berbisnis dengan badan usaha yang terdaftar daripada badan usaha yang tidak terdaftar. Oleh karena itu, jika Anda ingin menjadi pemasok bagi industri besar, mendaftarkan bisnis dapat membuat bisnis Anda memenuhi kriteria pembeli. Selain itu Anda juga dapat mengikuti tender dan memenuhi berbagai persyaratan yang ditetapkan oleh pembeli atau pelanggan.

Memberikan Kredibilitas Bisnis

Ketika sebuah bisnis telah menjadi berbadan hukum yang legal, bisnis tersebut akan memiliki kesan yang baik bagi investor, sehingga lebih mudah untuk mengumpulkan modal. Ditambah lagi, dalam beberapa kasus, ada anggapan bisnis yang telah terdaftar lebih berkualitas dalam memberi layanan daripada bisnis yang belum terdaftar.

Mendapatkan Karyawan Terampil

Mendaftarkan bisnis memungkinkan Anda untuk mempekerjakan karyawan terampil. Hal ini dikarenakan para pencari kerja merasa lebih aman untuk bekerja di sebuah perusahaan yang terdaftar. Jadi, jika Anda berencana untuk mempekerjakan karyawan untuk bisnis Anda, yang perlu Anda lakukan adalah mengurus pendaftaran bisnis Anda sebelum Anda mulai mencari pekerja.

Comments

  • No comments yet.
  • Add a comment