Apasih Digital Marketing Itu???

Tentang Digital Marketing

Di era kemajuan zaman, sering kali kita bertemu dengan hal – hal yang berbau modern. Seperti sekarang dengan kemajuan teknologi kita bisa merasakan aplikasi – aplikasi yang dapat memudahkan kita. Misalnya aplikasi whatsapp dimana kita bisa mengirim pesan kepada sanak keluarga hanya dengan bantuan teknologi yakni smartphone dengan dibantu internet kita dapat mudah dalam akses tersebut. Sama halnya dengan dunia usaha dimana dulu kita dalam memasarkan produk usaha kita harus bertemu langsung dengan calon pembeli. Tapi sekarang di era modern ini, kita dapat memasarkan produk usaha kita tanpa bertemu dengan calon pembeli langsung atau dengan istilah online, walaupun masih ada pembeli dan penjual bertemu secara langsung contohnya pasar dan supermarket, akan tetapi banyak juga masyarakat yang sudah beralih belanja secara online.

Menjual produk secara online ternyata lebih mudah dibanding secara offline. Maka tidak heran banyak anak muda jaman sekarang yang lebih tertarik berjualan secara online ketimbang offline. Dengan menguasai digital marketing penjualan akan lebih mudah dan efektif. Nah apakah sobat tau apa itu istilah digital marketing ?. Digital marketing adalah upaya yang dilakukan oleh suatu perusahaan atau pembisnis dalam memasarkan produk mereka melalui internet dan berbagai bentuk media komunikasi digital lainnya. Media digital yang dimaksud bisa berupa email, website, media sosial (instagram, facebook, twitter dll) iklan berbasi internet, video, gambar, dan bentuk konten digital lainnya. Intinya digital marketing adalah suatu bentuk marketing penjualan yang melibatkan komunikasi digital.

Manfaat Digital Marketing Bagi Para Pelaku Usaha

  • Lebih Mudah dan Efisien

Dengan berjualan secara online, sobat tidak perlu menyewa tempat untuk berdagang. Karena penjualan akan dilakukan secara online dan tidak perlubertemu dengan calon pembeli secara langsung. Sobat hanya perlu menggunakan handphone dan internet agar dapat memudahkan proses penjualan. Sobat juga bisa membuka media sosial sendiri atau bergabung dengan e-commerce lainnya. Hal ini tentu lebih mudah dan efisien kan sobat.

  • Cepat Mendatangkan Pembeli

Masyarakat di era jaman sekarang tidak pernah lepas dengan yang namanya gadget maupun laptop dalam kehidupan sehari – hari. Hal ini dikarenakan hampir sebagian aktivitas kita memerlukan gadget atau laptop sebagai penunjang. Contohnya di masa pandemi ini, kita lebih banyak tinggal di rumah ketimbang di luar rumah. Baik kerja, sekolah, maupun aktivitas jual-beli semuanya dilakukan secara online. Hal ini agar mencegah penyebaran virus covid-19. Maka dari itu pilihan berjualan secara online merupakan hal yang sangat tepat. Selain mudah, aktivitas jualan online juga cepat mendatangkan pembeli. Jangkuan pembeli pun juga sangat luas, bisa nasional maupun internasional. Apakah sobat tertarik ???

  • Mengurangi Pembiayaan

Dengan melakukan digital marketing seperti ini sobat dapat mengurangi pembiayaan yang akan dikeluarkan dalam menjual produk. Misalnya dulu sobat harus pergi dari satu tempat ke tempat lainnya menyebarkan brosur dll. Sekarang sobat hanya perlu mengupload produk usaha sobat melalui media digital maupun media sosial.

  • Memperkenalkan Usaha Anda di Digital Marketing

Selain kemudahan – kemudahan dalam menggunakan digital marketing, alasan banyak orang menggunakan digital marketing adalah agar dapat memperkenalkan usahanya di dunia digital marketing. Kita tau bahwa jangkuan dari digital marketing sangat luas. Otomatis penjualan dari produk usaha sobat juga dapat dijangkau secara luas. Hal ini dapat memperkenalkan usaha atau perusahaan sobat secara luas.

Tujuan Digital Marketing

  • Meningkatkan kesadaran masyarakat luas mengenai keberadaan produk sobat
  • Saat tujuan utama berhasil dilakukan maka publik akan mempertimbangkan untuk menggunakan produk tersebut dan pada akhirnya meningkatkan penjualan
  • Bila penjualan terus meningkat maka ada kemungkinan brand tersebut mendapatkan konsumen yang loyal pada brand itu dan secara tidak langsung para konsumen itu akan mengajak orang lain untuk mempergunakan brand yang sama.

Langkah-langkah Digital Marketing

  • Tau Sasaran Konsumen

Sobat harus tau betul produk yang sobat jual adalah produk apa dan buat siapa. Ataukah buat anak – anak, wanita, pria, atau kebutuhan rumah tangga seperti alat dapur, sembako, dll. Sehingga untuk kedepannya akan lebih jelas dalam menentukan produk yang akan dijual dan pemasarannya yang seperti apa.

  • Pilih Media Pemasaran

Setelah memilih sasaran konsumen, sobat perlu menentukan media pemasaran apa yang akan sobat pilih nanti untuk menjual produk sobat. Apakah melalui website atau melalui media sosial seperti Instagram, facebook dll atau ingin bergabung dengan e-commerce yang sedang naik daun. Pilihlah yang menurut sobat, produk sobat akan terjual laris pada media tersebut.

  • Strategi Konten

Selain pemilihan media, sobat juga perlu memperhatikan konten yang akan di isi dalam media tersebut. Jika sobat akan mengiklankan produk sobat di akun youtube sobat harus pastikan siapa segmen penonton yang akan melihat youtube sobat. Sehingga pesan yang akan sobat sampaikan akan tersampaikan dengan jelas kepada penonton. Jika sobat akan mengiklankan di instagram gunakanlah caption dan foto yang menarik agar lebih banyak mendatangkan calon pembeli.

  • Kenali Lawan Dengan Baik

Sobat harus tau, bahwa akan banyak pesaing yang berjualan. Baik dari produk yang berbeda maupun yang sama. Sobat harus kenali dari awal agar dapat mengatasinya secara baik dan rapih.

  • Evaluasi

Jangan lupa evaluasi harus perlu dilakukan agar mengurangi kesalahan dan kerugian di masa depan.

Itu dia informasi tentang Digital Marketing. Semoga bermanfaat ya sobat !

Comments

  • No comments yet.
  • Add a comment