Digital Marketing saat ini sudah tidak asing lagi bagi pelaku bisnis. Salah satu upaya pemasaran dengan sarana influencer merupakan cara yang efektif. Sebelum itu, apasih yang dimaksud dengan influencer?
Bagi Anda yang tertarik untuk menggunakan sarana influencer dalam digital marketing, yuk simak pembahasan berikut !
Influencer merupakan sebutan bagi seseorang yang memiliki kemampuan untuk mempengaruhi, merubah suatu opini dan perilaku secara online. Seorang influencer menjadi seseorang yang sangat berpengaruh dalam sosial media, baik itu seperti selebritas, blogger, youtuber, ataupun public figure yang dianggap penting dalam suatu komunitas tertentu.
Seorang influencer pada umumnya memiliki jutaan follower di media sosial, namun tidak menutup kemungkinan seseorang dengan follower ribuan juga bisa disebut dengan influencer jika dia berpengaruh besar terhadap audience-nya.
Pengaruh menjadi kekuatan terbesar bagi seorang inlfuencer. Seorang influencer bisa menjadi trend setter baik itu pada skala kecil maupun skala besar. Maka dari itu, banyak sekali pemilik bisnis yang menerapkan untuk memulai bisnis baru dengan menggandeng influencer untuk mempromosikan produknya.
Hal tersebut juga biasa dikenal dengan inlfuencer marketing. Influencer marketing yaitu suatu strategi pemasaran yang mana sebuah perusahaan menggunakan jasa inlfuencer dalam promosi produknya, demi meningkatkan brand awareness dan target penjualan bisa tercapai.
Berikut terdapat beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan, ketika bekerja sama dengan seorang Inlfuencer untuk mengembangkan bisnis Anda :
1. Membuat Produk Anda Menjadi Pusat Perhatian
Dengan menggandeng seorang influencer untuk mempromosikan produk pada bisnis Anda, Anda bisa menjadikan produk tersebut menjadi pusat perhatian dengan cepat.
Contohnya Neti Herawati atau yang dikenal dengan Bude Sumiyati. Hal ini diawali dari cuitan lucu di Twitter dan berkembang di Instagram, sehingga nama Bude Sumiyati semakin populer. Followernya semakin hari semakin bertambah. Kemudian peluang ini digunakan oleh Netflix Korea dengan menunjuknya untuk mempromosikan produk. Pada akun Twitter Netflix Korea, video Bude Sumiyati berhasil menjangkau dan ditonton lebih dari 300 ribu orang.
Dalam hal tersebut, mengartikan bahawa setiap aktivitas dari influencer adalah pusat perhatian followernya.
2. Membuat Konsumen Lebih Percaya Produk Anda
Dengan menggunakan public figure untuk mempromosikan produk bisnis Anda, kepercayaan konsumen pada sebuah produk bisa langsung terbentuk. Karena seorang influencer memiliki keahlian tertentu untuk dapat menjadi daya tarik kepada konsumen. Apalagi jika influencer tersebut menggunakan produk Anda, akan sangat mudah bagi followersnya lebih percaya kepada produk Anda.
3. Mendongkrak Penjualan
Jika Anda melakukan promosi dengan upaya influencer memungkinkan banyak orang akan mengetahui produk Anda. Semakin banyak orang yang tahu tentang produk Anda, maka semakin besar pula kemungkinan penjualan yang bisa dihasilkan.
4. Menjangkau Lebih Banyak Konsumen
Dengan menggandeng influencer untuk mempromosikan produk Anda, mereka bisa menjangkau lebih banyak konsumen dibandingkan dengan promosi melalui iklan baik di media cetak ataupun media elektronik. Karena banyak orang yang memilih untuk melewatkan iklan dan merasa bosan dengan iklan yang dihadirkan pada media cetak ataupun elektronik. Seorang influencer marketing harus memiliki ide kreatif agar bisa melakukan pemasaran produk baik melalui media sosial, blog atau Youtube yang memiliki peluang lebih besar untuk bisa menjangkau lebih banyak konsumen.
5. Membangun Kedekatan dengan Konsumen
Melakukan promosi dengan menggandeng influencer pada bisnis Anda dapat membangun kedekatan konsumen dengan brand yang Anda punya. Namun, tidak sembarang inlfuencer mampu melakukan hal tersebut. Pilihlah public figure yang tepat, yang benar-benar menyukai produk Anda. Agar target pasar produk Anda dapat tercapai dengan membangun kedekatan pada konsumen.
6. Cenderung Mudah Balik Modal
Melakukan promosi dengan upaya influencer memungkinkan Anda untuk mendapatkan return of investment (ROI) cukup besar. Anda dapat lebih mudah untuk mendapatkan modal kembali.
Terdapat salah satu studi mengungkapkan bahwa influence marketing dapat memberikan ROI 11 kali lebih besar dari iklan banner.
Untuk mencapai hasil yang maksimal tentunya banyak hal yang perlu Anda perhatikan dalam mengembangkan bisnis Anda. Salah satunya yaitu dengan memilih public figure secara tepat.