Apa itu branding dan mengapa sangat penting pada bisnis?

Sebuah definisi dari kamus bisnis Cambridge menyatakan bahwa branding adalah upaya untuk memberikan perusahaan dengan desain atau simbol tertentu untuk mengiklankan produk dan jasanya. Beberapa tahun yang lalu, definisi ini sebenarnya cukup akurat secara umum. Branding dianggap hanya sekedar identitas perusahaan seperti logo, design, packaging, dll.

Akan tetapi, definisi branding kini telah jauh berkembang dan menempati level yang sangat tinggi dalam perhatian para marketer kelas dunia, menurut Tom Goodwin branding adalah pola kemiripan, makna, kesukaan, dan kepastian mutu yang ada dalam benak konsumen.

Branding sangat penting bukan hanya karna branding menciptakan kesan pada konsumen namun juga dapat membuat konsumen atau klien untuk mengetahui appa yang dapat diharapkan dari perusahaan Anda. Branding adalah cara membedakan diri Anda dengan pesaing dan menjelaskan apa yang Anda tawarkan yang merupakan penawaran terbaik dibandingkan perusahaan lain.

Ada banyak area yang digunakan untuk mengembangkan brand diantaranya termasuk iklan, layanan konsumen, program tanggung jawab sosial perusahaan atau CSR, reputasi, dan tampilan visual. Semua elemen tersebut bekerjasama untuk menciptakan pembeda yang unik dan diharapkan juga dapat menarik perhatian konsumen.

Apa itu branding?

Penjelasan mengenai makna branding hingga sekarang masih dipenuhi banyak ambiguitas dalam konsepnya. Pemahaman yang mendalam mengenai branding membutuhkan peran dari berbagai disiplin ilmu seperti ilmu bisnis, marketing, bahkan hubungan manusia, dan psikologi. Branding adalah sebuah konsep yang sangat luas yang maknanya akan selalu berkembang.

Dalam hal ini, ada alternatif lain mengenai desinisi branding yaitu

“sebuah proses berulang tanpa akhir dalam proses mengenali, membangun, dan mengelola aset kumulatif dan tindakan yang membentuk persepsi sebuah brand dalam benak pemangku kepentingan (konsumen, investor, dan semua orang yang bersentuhan dengan brand perusahaan tersebut).”

Jika Anda membandingkan definisi ini dengan definisi resmi Cambridge, Anda dapat dengan jelas melihat bahwa definisi dari Cambridge hanya menjelaskan informasi pada tingkat permukaan, sehingga memberikan pemahaman yang salah kepada pembaca.

Ini mungkin menjadi salah satu alasan mengapa kebanyakan orang berpikir bahwa definisi dari Cambridge merupakan definisi yang benar dan memilihnya sebagai konsep dasar dalam memahami  subjek tersebut. Definisi Cambridge hanya menjelaskan branding dalam satu dimensi saja sehingga  upaya dalam memahami branding yang sebenarnya menjadi gagal.

Justru penjelasan alternatif kami yang nampaknya ambigu memberikan lebih banyak pengertian pada konsep ketika dipahami lebih dalam ke maknanya. Berikut adalah rincian kasarnya:

Proses berulang tanpa akhir

Branding adalah proses abadi karena tidak pernah berhenti. Manusia, selera konsumen, pasar, dan bisnis terus berubah dan brand harus berkembang untuk mengimbanginya.

Proses mengenali, membangun, dan mengelola

Ada proses terstruktur untuk branding, di mana Anda harus terlebih dahulu mengidentifikasi siapa  atau apa yang Anda inginkan untuk pemangku kepentingan Anda, membuat strategi branding Anda untuk memposisikan diri Anda agar sesuai.

Aset dan tindakan kumulatif

Positioning Anda harus diterjemahkan ke dalam aset (misalnya, identitas visual, konten, produk, iklan) dan tindakan (misalnya, layanan, dukungan pelanggan, hubungan manusia, pengalaman) yang memproyeksikannya ke dalam benak pemangku kepentingan Anda, perlahan-lahan membangun persepsi itu.

Persepsi

Juga dikenal sebagai reputasi. Ini adalah realisasi yang ada di benak seseorang (pelanggan atau bukan) tentang merek Anda. Persepsi ini adalah hasil dari proses branding.

Pemangku Kepentingan

Klien atau konsumen bukan satu-satunya pihak yang membangun persepsi merek Anda di benak mereka. Pemangku kepentingan termasuk calon klien, pelanggan yang ada, karyawan, pemegang saham, dan mitra bisnis. Masing-masing membangun persepsi mereka sendiri dan berinteraksi dengan merek yang Anda miliki.

Mengapa Peran Brand dalam Bisnis Anda Begitu Penting

Branding mutlak sangatlah penting dalam bisnis Anda sebab semua peran yang ia timbulkan berpengaruh besar dalam bisnis Anda. Branding dapat merubah bagaimana persepsi masyarakat luas mengenai perusahaan Anda yang akan meningkatkan profit bisnis Anda dan meningkatkan brand value (nilai brand). Tapi juga dapat berbalik menyerang Anda jika Anda menghasilkan image yang buruk tentang brand Anda.

“Definisi strategi branding yang baik adalah niat yang dipertimbangkan untuk peran positif yang ingin dimainkan perusahaan dalam kehidupan konsumen yang dilayaninya dan komunitas di sekitarnya.” — Neil Parker

Berlawanan dengan kepercayaan kebanyakan orang, branding bukanlah taktik pemasaran yang hanya digunakan oleh perusahaan besar. Sebaliknya, branding sangat berkaitan dengan akal sehat dan sangat dipengaruhi oleh pasar tempat Anda berada dan level yang ingin Anda mainkan. Branding melibatkan perpaduan antara kompetensi dan aktivitas yang berbeda, sehingga biayanya dapat sangat berbeda dari kasus ke kasus.

Branding dapat meningkatkan nilai bisnis

Citra yang ada pada brand Anda sangat penting ketika Anda mencoba membangun bisnis berkelanjutan. Brand juga dapat meningkatkan nilai bisnis dengan memberi perusahaan lebih banyak pengaruh positif didalam industri, perusahaan Anda akan dinilai sebagai peluang investasi yang lebih menarik karena tempatnya yang mapan di pasar.

Hasil dari proses branding adalah merek,  dan reputasi yang menyertainya. Reputasi yang kuat berarti merek yang kuat yang dan bisa berarti juga pangsa pasr yang dominan, memiliki hak untuk mematok harga premium, dan sebagainya.

Tidak hanya nilai bisnis, brand Anda juga akan mendatangkan konsumen baru, menigkatkan kebanggaan pada karyawan yang bekerja apada perusahaan Anda, dan membangun kepercayaan yang kuat didalam pasar.

Comments

  • Diana
    November 8, 2022 at 8:21 am

    Senang bisa mengetahui penjelasan dari branding dan semoga ilmu bisa bisa aku implementasikan dalam bisnis saya, Terimakasih juga kepada penulis.Tuhan memberkati

Add a comment