5 Kebiasaan Sederhana Dalam Mengelola Keuanganmu

Banyak orang kesulitan dalam mengelola keuangannya. Kamu merasa dirimu tidak boros namun selalu kaget dengan sisa uang ketika mendekati akhir bulan? Tanpa disadari kamu telah menghabiskan banyak sekali uang, kebiasaan buruk menyepelekan pengeluaran kecil ternyata membuat dirimu boros. 5 kebiasaan sederhana ini dapat membantu kamu dalam mengelola kondisi keuanganmu.

  1. Tetapkan target
    Sebelum kamu memulai mengelola keuanganmu, hal pertama yang perlu kalian lakukan adalah tetapkan target jumlah uang yang ingin dikumpulkan dan juga target jumlah uang yang akan digunakan dalam sebulan. Hal ini membuat kamu lebih mudah untuk mengatur jumlah uang yang perlu kamu sisihkan dan gunakan selama sebulan.
  2. Buatkan budget untuk tiap kebutuhan
    Setelah kamu menentukan target kamu, buatkan budget untuk setiap kelompok kebutuhan seperti tempat tinggal, makan, transportasi, hingga budget untuk bermain dengan teman-teman. Dalam menentukan budget ini coba lakukan prioritas dari setiap kebutuhan dan minimalkan budget. Tetapkan budget yang realistis karena budget yang tidak realistis malah membuatmu malas untuk mengikuti budget yang ada.
  3. Pikir dua kali sebelum membeli sesuatu
    Sebelum menentukan membeli sesuatu coba pikirkan apakah kamu benar membutuhkannya atau kamu hanya lapar mata. Lakukan juga pengecekan pengeluaran yang sudah dilakukan dengan budget yang telah kamu tetapkan sebelumnya.
  4. Catat dengan seksama seluruh pengeluaranmu
    Catat semua pengeluaran yang kamu lakukan, sekecil apapun itu. Sekecil apapun pengeluaranmu akan sangat berpengaruh jika kamu lakukan terus menerus. Jangan lupa juga untuk mencatat jika kamu meminjamkan uang kepada temanmu atau sebaliknya.
  5. Monitor pengeluaran selama sebulan
    Terakhir monitor seluruh pengeluaran selama sebulan. Lakukan analisa terhadap pengeluaran tersebut sehingga kamu mengetahui dan dapat menetapkan target dan budget yang pas untuk selanjutnya.

Di era teknologi yang sangat berkembang seperti sekarang ini, kamu bisa memanfaatkan teknologi sebagai cara untuk memudahkan dalam mengatur kondisi keuangan. Telah banyak aplikasi yang bisa membantu kamu dalam melakukan seluruh kebiasaan di atas dengan lebih mudah, aplikasi dapat mengingatkan kamu dan juga selalu tersimpan dalam smartphone kamu. Mudah bukan? Coba terapkan kebiasaan ini dan rasakan hasilnya.

Comments

  • No comments yet.
  • Add a comment