Halo sobat !!! siapa yang disini sedang merintis usaha ??? Jika sobat sedang merintis, apakah sobat memiliki HR dalam usaha sobat ? Apa sobat belum tau apa itu HR ? Jika masih bingung, mimin akan kasih tau informasinya apa itu HR dan alasan HR sangat penting dalam usaha sobat. HR melakukan lebih banyak tugas daripada sekedar perekrutan karyawan atau memproses pembayaran gaji karyawan. Sebaliknya, HR ini membantu mengembangkan strategi bisnis sobat dan menangani kegiatan yang dipusatkan pada karyawan. Adapun alasan mengapa HR dianggap penting dalam usaha :
1. Kontrol Anggaran
HR mengembangkan metode untuk pemangkasan biaya yang terkait dengan manajemen tenaga kerja, sehingga membatasi pengeluaran berlebihan dan membantu menghemat uang dalam jangka panjang. HR memiliki peran dalam menegosiasikan tarif yang lebih baik untuk tunjangan karyawan seperti asuransi kesehatan. Selain itu, HR mempelajari dan menganalisis tren pekerjaan, pasar tenaga kerja, dan gaji berdasarkan fungsi pekerjaan untuk memastikan gaji yang diberikan kompetitif dan realistis. Karena UKM memiliki anggaran ketat yang harus dipatuhi, fungsi HR ini bisa sangat membantu.
2. Kepuasan Karyawan
Dalam suatu bisnis dengan beberapa karyawan, penting untuk mengukur kinerja karyawannya. HR memiliki tanggung jawab untuk menentukan apakah karyawan puas, tidak hanya dengan atasan mereka tetapi juga pekerjaan dan tugas yang dikerjakan. Mengukur kepuasan karyawan merupakan hal yang tidak mudah, SDM harus secara hati-hati merancang survei karyawan, membuat sistem pengukuran kinerja dan panduan wawancara karyawan untuk menentukan bagaimana bisnis kamu dapat meningkatkan hubungannya dengan karyawannya.
3. Training & Development
HR memiliki peran dalam memberikan penilaian bagi kinerja karyawan dalam suatu bisnis. Menentukan pula jenis pelatihan dan keterampilan yang harus dimiliki karyawan untuk bisa melaksanakan tugasnya dengan efektif dan efisien. Meskipun penting untuk memastikan bahwa semua karyawan memiliki kualifikasi dan keterampilan yang diperlukan untuk memenuhi tuntutan posisi, tetapi mengidentifikasi kebutuhan pelatihan untuk karyawan yang ada juga tidak boleh diabaikan begitu saja oleh pemilik bisnis. Apabila sobat memiliki HR yang kompeten tentu tidak menutup kemungkinan untuk menghemat biaya pelatihan, karena proses pelatihan dan pengembangan kualitas
karyawan dapat dilakukan secara internal.
4. Penyelesaian Konflik
Akan ada konflik di tempat kerja, terlepas dari seberapa puas karyawan dengan pekerjaan mereka, manajer mereka dan rekan kerja mereka. Mengingat keragaman gaya kerja, kepribadian, tingkat pengalaman, dan latar belakang karyawan, maka akan bermunculan banyak argumen. Tidak menutup kemungkinan terjadi konflik antar karyawan dalam bisnis sobat. Konflik bisa muncul terkait, peraturan kerja, gaji, atau pembagian tanggung jawab kerja.
5. Meningkatkan Kinerja
Tanggung jawab lain dari HR adalah pengembangan sistem manajemen kinerja. Tanpa ahli HR untuk menyusun rencana yang mengukur kinerja karyawan, karyawan dapat berakhir di pekerjaan yang tidak sesuai dengan keahlian dan keterampilan mereka. Bisnis kamu bisa dirugikan apabila karyawan tidak dapat bekerja secara maksimal karena tidak sesuai dengan keahlian dan keterampilan mereka. Sehingga penting bagi kamu untuk bisa memetakan keterampilan dari masing-masing karyawan.
Dari meningkatkan hubungan internal dalam bisnis dan mengembangkan metode untuk memastikan standar kinerja tinggi untuk menyelesaikan konflik di antara karyawan dan memastikan perusahaan tetap sesuai dengan anggarannya, setidaknya ada lima alasan mengapa HR sangat penting untuk kesuksesan bisnis.
Itu dia alasan mengapa HR sangat penting dalam usaha sobat. Semoga informasi yang sudah sobat bac aini bermanfaat yaa.